Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Elemen Desain yang Dapat Menciptakan Suasana Tenang di Rumah

Kompas.com - 27/02/2024, 17:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber home guide

JAKARTA, KOMPAS.com - Stres menjadi permasalahan yang hampir dihadapi setiap individu, baik stres pekerja, stres rumah tangga, hingga masalah percintaan. 

Stres juga memiliki begitu banyak konsekuensi negatif dan kita semakin sulit mengatasi tekanan sehari-hari dengan cara efektif. 

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Rumah Bergaya Rustic, Bikin Tenang dan Menawan

Sebetulnya, ada banyak cara mengatasi stres, salah satunya mencipatkan rumah yang damai dan tenang. Kondisi ini dapat memberikan kesempatan terbaik untuk bersantai serta mengisi ulang energi.

Elemen desain tertentu memiliki dampak terbesar dalam menciptakan suasana tenang dan mengurangi stres di rumah. 

Dikutip dari Home Guide, Selasa (27/2/2024), berikut beberapa elemen desain yang dapat menciptakan suasana tenang di rumah.

Skema warna yang tepat

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat biru.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat biru.
Skema warna menjadi elemen desain yang penting dalam desain interior karena dapat memancing respons emosional secara langsung, baik itu ositif maupun negatif.

Sesuatu yang sederhana, seperti mengubah warna cat di ruangan dapat membuat rumah terasa lebih santai.

Warna cat yang lembut, pastel, dan warna-warna alami adalah pilihan terbaik untuk skema warna. Di sisi lain, warna-warna yang berani dan agresif, seperti merah terang, dapat memberikan efek yang terlalu menstimulasi.

Pilihlah warna cat hijau dan biru jika Anda ingin merasakan relaksasi yang berkualitas setelah hari yang sibuk di kantor.

Warna cat hangat, seperti oranye pastel, kuning, dan pink, memberikan kesan ceria serta optimis. Warna-warna ini akan membuat Anda tersenyum dan ingin menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama orang-orang tercinta. 

Baca juga: 5 Desain Kamar Mandi ala Jepang yang Tenang dan Nyaman

Tanaman hijau

Selanjutnya, elemen desain yang dapat menciptakan suasana tenang di rumah adalah menggunakan tanaman hias.

Sebuah studi 2015 menunjukkan berkebun dan merawat tanaman dalam ruangan dapat memberikan efek positif bagi kesehatan mental serta mengurangi stres secara efektif.

Kita perlu merasa terhubung dengan alam untuk menyeimbangkan suasana hati dan mengatasi emosi negatif. Sayangnya, hal itu sulit dicapai di lingkungan perkotaan.

Anda mungkin berpikir memiliki tanaman bukan pilihan tepat. Kesibukan dan tidak memiliki pengetahuan berkebun sama sekali meningkatkan kemungkinan untuk membunuh tanaman-tanaman tersebut begitu tanaman memasuki rumah.

Kabar baiknya, ada berbagai tanaman hias yang tahan banting dan dapat tumbuh subur meski Anda menyiramnya seminggu sekali, seperti lidah mertua, lidah buaya, juga tanaman laba-laba. 

Baca juga: Cukup 1 Jam, Ini Cara Membersihkan Kamar Tidur agar Lebih Tenang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com