Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 5 Hal yang Dibutuhkan Tanaman agar Tumbuh Maksimal

Kompas.com - 21/02/2024, 17:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menumbuhkan tanaman hias di rumah bisa mendatangkan banyak manfaat. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan, seperti rumah teras lebih segar, tampilan rumah lebih cantik, menghilangkan stres, dan lain sebagainya.

Namun, dibalik segudang manfaat yang dimilikinya, tanaman hias membutuhkan perawatan khusus agar bisa tumbuh subur dan produktif.

Setidaknya ada lima hal yang harus dipenuhi agar tanaman bisa tumbuh dengan maksimal. Dilansir dari The Spruce, Rabu (21/2/2024), berikut beberapa hal yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang.

Baca juga: Tanah Seperti Apa yang Dibutuhkan Tanaman? Ini Penjelasannya

Cahaya

Ilustrasi tanaman hias dieffenbachia di dekat jendelaShutterstock/New Africa Ilustrasi tanaman hias dieffenbachia di dekat jendela

Semua tanaman membutuhkan cahaya untuk bertahan hidup. Cahaya diperlukan untuk proses fotosintesis.

Jika jumlah cahaya kurang, maka proses fotosintesis menjadi terhambat. Akibatnya tanaman tidak bisa tumbuh dengan maksimal.

Cahaya yang diberikan ke tanaman bisa berupa cahaya alami atau buatan. Untuk memberikan cahaya alami pada tanaman hias bisa dengan meletakkan tanaman di area yang terkena sinar matahari.

Baca juga: Seberapa Banyak Cahaya Matahari yang Dibutuhkan Tanaman Hias Indoor?

Jika tanaman di tanam di dalam ruangan, maka disarankan untuk meletakkan tanaman hias di dekat jendela atau ruangan yang terang.

Apabila cahaya matahari masih belum bisa memenuhi kebutuhan tanaman, maka letakan lampu tumbuh di dekat tanaman.

Disarankan untuk menggunakan alat pengukur cahaya agar mengetahui jumlah cahaya yang tersedia cukup atau kurang.

Udara

Seperti semua makhluk hidup, tanaman juga perlu bernafas. Tanaman akan menarik karbon dioksida dari udara untuk memecah makanan dan menghasilkan energi yang akan digunakan dalam proses pertumbuhan.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah

Untuk meningkatkan kualitas udara di sekitar tanaman, bisa dengan memaburman sedikit debu atay asap daun. Namun, kegiatan ini tidak boleh dilakukan terlalu sering.

Selain itu, hindari meletakkan tanaman sensitif di area dapur karena asap dan bau bisa berdampak pada kualitas udara.

Jagalah tanaman agar tumbuh di lingkungan yang bebas dari asap tembakau maupun semprotan ruangan. Untuk meningkatkan sirkulasi udara, sebaiknya letakkan kipas angin di dekat tanaman.

Air

Selain cahaya dan udara, air juga dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Air juga dibutuhkan dalam proses fotosintesis, sehingga ketersediaan air perlu diperhatikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com