Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2024, 11:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apel menjadi salah satu buah yang cenderung berubah warna menjadi coklat setelah dagingnya terlihat atau mengupasnya, seperti halnya pisang dan pir.  

Meski tampak segar, apel akan mulai berubah warna menjadi kecoklatan dalam waktu kurang dari lima menit setelah mengiris atau menggigit buah dan terkena udara. 

Lantas, apa penyebab apel berubah warna menjadi coklat

Baca juga: Cara Menyimpan Apel agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Penyebab apel berubah warna menjadi coklat 

Ilustrasi apel potong yang sudah berubah kecoklatan.SHUTTERSTOCK/Jeff Liou Ilustrasi apel potong yang sudah berubah kecoklatan.
Pencoklatan yang dialami apel adalah produk samping optik dari reaksi yang terjadi secara alami ketika senyawa fenolik apel bertemu dengan enzim yang disebut polifenol oksidase (PPO).

Kedua senyawa ini hidup di bagian sel apel yang terpisah. Namun, mengiris atau menggigit daging apel akan merusak membran sel sehingga PPO dan senyawa fenolik dapat bercampur.

PPO mempercepat cara senyawa fenolik berinteraksi dengan oksigen. Akibatnya, daging apel menghasilkan melanin berwarna coklat (pigmen yang sama yang menggelapkan kulit manusia). 

Baca juga: 8 Kegunaan Cuka Sari Apel untuk Membersihkan Rumah

Suhu dan tingkat oksigen juga dapat menjadi penyebab apel berubah warna menjadi coklat. Suhu yang lebih rendah dan paparan oksigen lebih sedikit memperlambat proses apel berubah menjadi coklat. 

Selain itu, varietas apel dapat mempengaruhi karena jenis apel tertentu memiliki kadar fenol atau PPO lebih rendah. 

Sarah Brekke, M.S, spesialis kuliner Better Homes & Gardens Test Kitchen, mengatakan apel yang menjadi coklat tidak menggugah selera, tetapi pigmen coklat ini tidak menimbulkan masalah keamanan pangan. 

“Anda mungkin memperhatikan aroma dan rasa apel dapat berubah setelah proses pencoklatan terjadi, tapi apel tetap aman dimakan," katanya disadur dari Better Homes and Gardens, Selasa (20/2/2024).   

Akan tetapi, jika kulit apel tampak keriput, berbau busuk, atau terdapat bintik-bintik lunak yang besar, buatlah menjadi kompos. Ini semua adalah tanda-tanda pembusukan apel. 

Baca juga: Manfaat Kulit Apel untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Cara mencegah apel berubah warna menjadi coklat

Ilustrasi apel berubah warna menjadi coklat.Shutterstock/Jeff Liou Ilustrasi apel berubah warna menjadi coklat.
Satu-satunya cara tepat memperlambat proses oksidasi ini adalah membuat semacam “pelindung” untuk melindungi daging buah apel dari udara.

Ini adalah perbaikan sementara, tetapi berfungsi baik untuk mencegah apel menjadi coklat antara waktu Anda memotong dan memasak atau mengemil apel.

Brekke membagikan empat cara mencegah apel berubah warna menjadi coklat (atau setidaknya memperlambat aktivitas enzimatik). 

  • Air garam

Campurkan setengah sendok teh garam halal dengan 236 mililiter air, lalu tambahkan irisan apel, biarkan terendam selama 10-15 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com