Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Pintu Kamar Mandi Terbaik yang Fungsional dan Estetik

Kompas.com - 16/01/2024, 20:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pintu kamar mandi berfungsi untuk menjaga privasi. Selain itu, pintu kamar mandi juga membuat ruangan ini terlihat lebih menarik.

Maka dari itu, saat memilih pintu untuk kamar mandi, pertimbangkan juga bentuk, gaya, dan warnanya. Tak hanya itu, pertimbangkan juga material pintu karena akan mempengaruhi daya tahan pintu tersebut.

Baca juga: 4 Pilihan Pintu untuk Kamar Mandi Kecil

Dikutip dari Chique Home Living, Selasa (16/1/2024), ada beberapa jenis pintu yang cocok dipasang di kamar mandi. Berikut ide pintu kamar mandi yang bisa dipilih.

Pintu flush

Ilustrasi pintu kamar mandi SHUTTERSTOCK/ENRIKA SAMULIONYTE Ilustrasi pintu kamar mandi

Pintu flush adalah salah satu jenis pintu kamar mandi yang klasik dan paling populer. Pintu ini lebih terjangkau dibandingkan jenis pintu lain.

Desain pintu flush cukup sederhana. Biasanya hanya berupa permukaan polos dan datar tanpa ornamen atau panel.

Pintu flush tersedia dalam berbagai jenis finishing, biasanya dicat atau diwarnai dengan warna kayu. Pintu ini tidak memerlukan perawatan khusus karena tidak mudah busuk, terbelah, atau terkelupas.

Namun, pintu ini memiliki kekurangan yaitu dibuat di pabrik dengan ukuran standar, sehingga sulit diubah atau dibuat sesuai kebutuhan.

Baca juga: Pintu Kamar Mandi Aluminium, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Pintu geser

Ide pintu kamar mandi lainnya yaitu pintu geser yang estetik dan fungsional. Pintu geser bisa membangktkan karakter dan pesona di kamar mandi.

Selain memberikan daya tarik visual, pintu geser juga tidak memakan banyak ruang, sehingga cocok untuk kamar mandi kecil.

Kebanyakan pintu geser juga hemat energi karena dapat meningkatkan alisan cahaya alami dan ventilasi dengan baik. Akan tetapi, pintu geser cepat bernoda, sehingga perlu rutin dibersihkan.

Baca juga: Hemat Ruangan dengan Menggunakan Pintu Geser

Pintu Prancis

Pintu Prancis menjadi jenis pintu kamar mandi yang elegan dan dinamis. Pintu ini memiliki setidaknya dua panel pintu berengsel.

Dua panel ini bertemu di tengah dan terbuka keluar tergantung desain ruangan. Pintu Prancis umumnya digunakan secara bergantian dengan pintu ganda.

Meskipun sebagian besar pintu Prancis berbentuk ganda, namun tidak semua pintu ganda dapat dikatakan sebagai pintu Prancis.

Pintu Prancis memungkinkan banyak cahaya alami masuk ke kamar mandi. Pintu ini lebih murah dibandingkan pintu lipat dua dan lebih mudah dipasang. Kekurangan pintu yaitu tidak hemat energi dan tidak bisa digunakan di semua tepi rumah.

Baca juga: 6 Panduan Feng Shui untuk Pintu Kamar Mandi, Harus Selalu Ditutup

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com