Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menyembunyikan Air Fryer di Dapur agar Tetap Estetik

Kompas.com - 06/01/2024, 09:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air fryer kini menjadi peralatan dapur yang semakin banyak dimiliki.

Tentu saja, peralatan masak ini diletakkan di dapur. Namun, terkadang kehadiran air fryer di dapur ini dapat mengganggu aliran visual dapur.  

Baca juga: 7 Tanda Perlu Mengganti Air Fryer Baru

Maka itu, perlu menyimpan air fryer dengan menyembunyikannya di dapur. Ketika harus menyembunyikan air fryer di dapur, kuncinya adalah mengintegrasikannya dengan mulus ke dalam desain yang ada dengan mempertimbangkan tata letak ruang secara taktis.

Bagaimana mengatur air fryer di dapur, tergantung pada seberapa sering Anda mengaksesnya. Jika menggunakan air fryer setiap hari, solusi yang Anda pilih harus sangat mudah diakses. 

Namun, apabila hanya memasak dengan air fryer seminggu sekali, Anda dapat memilih opsi yang sedikit lebih mudah diakses.

Saat memilih tempat menyembunyikan air fryer, penting memilih tempat di dapur yang mudah diakses dan digunakan.

Pertimbangkan ruang konter yang tersedia, kedekatannya dengan stopkontak, dan tata letak dapur secara keseluruhan.  

Nah, dilansir dari Homes and Gardens, Sabtu (6/1/2024), berikut cara menyembunyikan air fryer di dapur untuk menjaga meja dapur tetap bersih menurut para ahli dapur.  

Baca juga: Cara Membersihkan Air Fryer dengan Lemon

Di rak lemari dapur khusus 

Ilustrasi air fryer.Shutterstock/kamikaze85 Ilustrasi air fryer.
Salah satu tempat  nyaman menyimpan air fryer dan aksesorinya agar tetap tersembunyi serta siap sedia untuk memasak adalah di rak lemari dapur khusus.

Untuk membuat ruang khusus untuk air fryer, Anda mungkin perlu mengatur ulang lemari dapur. Pertimbangkan memindahkan barang-barang yang jarang digunakan untuk memberi ruang bagi peralatan. 

Anda juga dapat menggunakan alat pengatur, seperti rak tarik, keranjang, atau rak yang dapat ditumpuk untuk membantu menjaga lemari dapur tetap rapi serta memaksimalkan ruang.

Dengan cara ini, Anda dapat mengatur lemari dapur untuk meningkatkan arus lalu lintas. Memasang rak atau laci tarik di dalam lemari adalah cara terbaik meningkatkan aksesibilitas serta menjaga permukaan dapur tetap bersih dan bebas kekacauan.

Memasang fitur ini akan memberikan akses air fryer yang lancar dan nyaman, selama Anda telah mengukur lemari secara akurat untuk menemukan rak atau laci dengan dimensi yang tepat.   

Baca juga: Inilah 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Air Fryer

Di bawah kitchen island yang menggantung 

Selanjutnya, cara menyembunyikan air fryer di dapur adalah di bawah kitchen island yang menggantung.

Robert Smith dari Culinary Collective Alt, mengatakan jika memiliki kitchen island dengan atap menjorok ke bawah, buatlah cubby atau rak khusus di bawahnya untuk menyimpan air fryer. Hal ini akan membuat air fryer tetap tersedia, tapi tidak terlihat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com