Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2024, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa merupakan bagian integral dari ruang tamu dan keluarga. Sofa juga menjadi furnitur besar dan titik fokus di ruangan. 

Selain itu, sofa juga merupakan salah satu perabot termahal di ruang keluarga, tapi tidak selalu memungkinkan untuk berinvestasi membeli sofa mahal.  

Baca juga: Cara Membersihkan Sarung Bantal Sofa dari Kain dan Kulit

Namun, bukan berarti memiliki sofa murah tidak bisa membuatnya terlihat lebih mewah. Bahkan sofa yang Anda beli satu dekade lalu dapat meningkatkan tampilan ruang tamu secara keseluruhan hanya dengan sedikit sentuhan. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Sabtu (6/1/2024), berikut beberapa cara membuat sofa terlihat lebih mewah menurut para desainer interior. 

Aksesori 

Ilustrasi sofa, bantal sofa. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi sofa, bantal sofa.
Ksenya Malina, pendiri Time & Place Interiors, mengatakan menggunakan aksesori, seperti selimut dan bantal. sangat membantu dalam mendandani sofa dasar. 

Memperbarui aksesori adalah trik yang tidak pernah gagal untuk membuat sofa terlihat lebih baik.

Cherie Lee, Direktur Cherie Lee Interiors, menjelaskan sofa yang ditata baik akan langsung terlihat lebih mahal. "Bantal sofa berkualitas akan menarik perhatian dan secara instan membuat sofa tampak lebih mewah dan mengundang," ujar Lee. 

David Harris, Direktur Desain di Andrew Martin, setuju bahwa bantal sofa adalah hiasan jelas untuk dekorasi. Bantal sofa tersedia dalam ratusan bentuk, ukuran, dan warna dengan isi serta kekenyalan yang berbeda.

Selain itu, ada banyak sekali lemparan, selimut, dan kulit domba yang bisa digunakan. Apapun yang Anda putuskan, sentuhan ekstra ini akan menambah kesan menarik, mewah, juga romantis pada perabot yang harus dimiliki. 

Baca juga: Haruskah Meletakkan Sofa Menempel ke Dinding Saat Mendekorasi Ruangan?

Kain

Selanjutnya, cara membuat sofa terlihat lebih mewah adalah kain yang digunakan. Bantal sofa dapat menambahkan sentuhan kemewahan, tapi hanya jika Anda memilih tekstur dan bahan yang tepat. 

Kathy Kuo, desainer interior dan CEO Kathy Kuo Home, mengatakan beberapa bantal dekoratif dengan bahan mewah, seperti beludru, bulu imitasi, atau garis-garis Eropa, ditambah selimut kasmir yang nyaman, dapat meningkatkan tampilan sofa serta membuatnya terlihat sangat mewah. 

Menurut Amy Youngblood, pendiri Amy Youngblood Interiors, cara terbaik membuat sofa terlihat lebih mewah dalah memilih kain pelapis mewah yang memiliki tekstur dan kelembutan, seperti beludru atau boucle.

Selain itu, pikirkan tentang detailnya, seperti menambahkan bantal dekoratif dengan kedalaman dan dimensi. Jangan takut memadupadankan dan menambahkan kepribadian Anda ke dalam ruangan.  

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Putih

Gaya di sekitar sofa 

Ilustrasi sofa kulit.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa kulit.
Merapikan area di sekitar sofa dapat mempercantiknya tanpa harus menyentuhnya. 

Pippa Jameson, Direktur kreatif, penulis, desainer interior di Pippa Jameson Interiors, menuturkan memperkenalkan barang-barang bergaya di sekitar sofa, seperti karpet ruang tamu atau meja samping kontemporer yang sesuai dengan skema, dapat meningkatkan daya tarik visual  secara keseluruhan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com