Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Membuat Sofa Terlihat Lebih Mewah

Selain itu, sofa juga merupakan salah satu perabot termahal di ruang keluarga, tapi tidak selalu memungkinkan untuk berinvestasi membeli sofa mahal.  

Namun, bukan berarti memiliki sofa murah tidak bisa membuatnya terlihat lebih mewah. Bahkan sofa yang Anda beli satu dekade lalu dapat meningkatkan tampilan ruang tamu secara keseluruhan hanya dengan sedikit sentuhan. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Sabtu (6/1/2024), berikut beberapa cara membuat sofa terlihat lebih mewah menurut para desainer interior. 

Memperbarui aksesori adalah trik yang tidak pernah gagal untuk membuat sofa terlihat lebih baik.

Cherie Lee, Direktur Cherie Lee Interiors, menjelaskan sofa yang ditata baik akan langsung terlihat lebih mahal. "Bantal sofa berkualitas akan menarik perhatian dan secara instan membuat sofa tampak lebih mewah dan mengundang," ujar Lee. 

David Harris, Direktur Desain di Andrew Martin, setuju bahwa bantal sofa adalah hiasan jelas untuk dekorasi. Bantal sofa tersedia dalam ratusan bentuk, ukuran, dan warna dengan isi serta kekenyalan yang berbeda.

Selain itu, ada banyak sekali lemparan, selimut, dan kulit domba yang bisa digunakan. Apapun yang Anda putuskan, sentuhan ekstra ini akan menambah kesan menarik, mewah, juga romantis pada perabot yang harus dimiliki. 

Kain

Selanjutnya, cara membuat sofa terlihat lebih mewah adalah kain yang digunakan. Bantal sofa dapat menambahkan sentuhan kemewahan, tapi hanya jika Anda memilih tekstur dan bahan yang tepat. 

Kathy Kuo, desainer interior dan CEO Kathy Kuo Home, mengatakan beberapa bantal dekoratif dengan bahan mewah, seperti beludru, bulu imitasi, atau garis-garis Eropa, ditambah selimut kasmir yang nyaman, dapat meningkatkan tampilan sofa serta membuatnya terlihat sangat mewah. 

Menurut Amy Youngblood, pendiri Amy Youngblood Interiors, cara terbaik membuat sofa terlihat lebih mewah dalah memilih kain pelapis mewah yang memiliki tekstur dan kelembutan, seperti beludru atau boucle.

Selain itu, pikirkan tentang detailnya, seperti menambahkan bantal dekoratif dengan kedalaman dan dimensi. Jangan takut memadupadankan dan menambahkan kepribadian Anda ke dalam ruangan.  

Pippa Jameson, Direktur kreatif, penulis, desainer interior di Pippa Jameson Interiors, menuturkan memperkenalkan barang-barang bergaya di sekitar sofa, seperti karpet ruang tamu atau meja samping kontemporer yang sesuai dengan skema, dapat meningkatkan daya tarik visual  secara keseluruhan. 

Tambahkan juga lampu lantai yang ditempatkan dengan baik dan penuh gaya dapat menonjolkan sofa, memancarkan cahaya hangat yang menekankan kecanggihannya.

Artem Kropovinsky, desainer interior dan pendiri Arsight, menyarankan fokus pada dinding di sekitar sofa. "Cat dinding di kedua sisi sofa dengan warna putih dan sesuaikan desain di atasnya dengan dinding berwarna berani atau karya seni," imbuhnya.  

Tarik menjauh dari dinding 

Cara membuat sofa terlihat lebih mewah adalah menariknya menjauh dari dinding. Desainer Joanna Hauptman menjelaskan menempatkan sofa jauh dari dinding bisa membantu membingkai desain serta menampilkannya sebagai objek estetika yang indah, bukan hanya sebagai objek fungsional.

Bahkan jika ruang tamu kecil, memberikan sofa ruang untuk bernapas akan membuatnya lebih menjadi titik fokus ruangan.

Area di sekitar sofa yang terlalu padat akan membuat ruangan menjadi terlalu sibuk secara visual dan menurunkan tampilan ruangan.  

"Penambahan pita yang kontras pada sofa menciptakan detail mencolok secara visual yang menjadi cara membuat sofa terlihat lebih mahal," jelas Martha Lord, desainer interior dan salah satu pendiri Boland Lord Design.

Pipa yang kontras menyoroti siluet sofa, menampilkan keahlian dan perhatian pada desain, yang sering dikaitkan dengan furnitur kelas atas.

Detail kecil ini dapat meningkatkan estetika secara keseluruhan, memberikan kesan sebuah karya yang dipilih dengan cermat dan mewah.

Artem Kropovinsky setuju bahwa beberapa detail jumbai, bahkan hiasan kepala, dapat memberikan tampilan berkelas pada sofa.  

Melapisi tekstur 

Terakhir, cara membuat sofa terlihat lebih mewah adalah melapisinya dengan tekstur. Meski hal ini bisa berarti sofa akan lebih cepat usang, melapisinya dengan pola atau tekstur berani dapat memperbarui sofa yang sudah Anda miliki.

Sophie Roswell, pendiri Côte de Folk, menjelaskan sofa kliennya awalnya dilapisi dengan kain linen berwarna biru tua, kemudian memperbarui sofa dengan melapisinya kain bertekstur cerah.

"Kami menambahkan bantal-bantal besar dan empuk dengan kain yang sama untuk menciptakan sofa terlihat lebih mahal daripada mengirimkannya ke tempat pembuangan sampah," tuturnya. 

Namun, kata Ksenya Malina, apabila belum siap menjadi seberani itu, menggantungkan kain tebal di atas sofa juga merupakan cara tidak terlalu berisiko untuk bereksperimen dengan menambahkan warna atau pola.  

https://www.kompas.com/homey/read/2024/01/06/080000476/6-cara-membuat-sofa-terlihat-lebih-mewah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke