Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menata Rak Buku dengan Rapi dan Cantik Menurut Ahli

Kompas.com - 03/01/2024, 12:11 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Rak buku menjadi salah satu tempat penyimpanan yang sering ditemukan di rumah. Rak buku biasanya ditempatkan di ruang keluarga, ruang belajar, atau ruang kerja.

Untuk sebagian orang, rak buku tak hanya digunakan sebagai tempat menyimpan buku, namun bisa digunakan untuk menyimpan ornamen dekorasi lainnya. Selain itu, terkadang rak buku juga sengaja dibuat menarik sebagai dekorasi ruangan.

Baca juga: Simak, 6 Tips Menata Rak Buku di Ruangan Kecil

Rachel Cannon seorang desainer interior di Rachel Cannon Limited di Baton Rouge, Louisiana, Amerika Serikat mengatakan rak buku yang berada di ruangan seperti ruang tamu lebih mengutamakan nilai estetikanya, sedangkan rak buku di ruang kerja biasanya lebih mengutamakan fungsinya.

Namun, apapun tujuannya, rak buku harus tertata dengan rapi agar rumah terasa lebih nyaman. Dikutip dari Southern Living, Rabu (3/1/2024), berikut ini cara menata rak buku menurut ahli.

Kosongkan rak buku terlebih dahulu

Ilustrasi rak buku di rumah.UNSPLASH/ARLINGTON RESEARCH Ilustrasi rak buku di rumah.

Langkah awal yang perlu dilakukan saat menata rak buku yaitu mengosongkan semua bagian rak. Keluarkan semua isinya dan mulai menata dari awal.

Baca juga: 6 Tips Menata Rak Buku di Ruang Tamu

Sortir buku-buku yang ada di rak tersebut. Jika ada yang rusak sebaiknya segera perbaiki. Jangan lupa membersihkan debu yang menempel di buku-buku tersebut.

Lalu, bersihkan setiap bagian rak menggunakan kemoceng dan kain lembap. Setelah semua buku dan bagian rak bersih, susun kembali buku di dalam rak dengan rapi.

Letakkan buku bersampul tebal

Jika tujuan meletakkan rak buku sebagai dekorasi ruangan, maka dianjurkan untuk menyimpan buku dengan sampul tebal. Buku hard cover atau bersampul tebal bisa berdiri dengan kokoh dibandingkan buku bersampul tipis.

Meski demikian, Rachel Cannon mengatakan saat menata rak buku, dia biasanya mengkombinasikan buku bersampul tebal dan tipis. Untuk membuat buku sampul tipis berdiri dengan kokoh, maka sebaiknya gunakan penahan buku.

Baca juga: 5 Cara Menata Rak Buku agar Rapi dan Menarik

Letakkan banyak buku

Cara menata rak buku agar terlihat lebih menarik yaitu dengan meletakkan banyak buku. Semakin banyak buku yang disusun, maka rak akan terlihat semakin menarik.

Jika koleksi buku yang dimiliki belum terlalu banyak, maka sebaiknya tambah koleksi buku baru untuk memenuhi seluruh bagian rak.

Tata berdasarkan warna

Cannon menyarankan untuk menata buku berdasarkan warnanya. Menurutnya, cara ini akan membuat tampilan rak buku cantik dan menarik.

Ciptakan warna gradasi atau monokromatik sesuai dengan keinginan. Jika tidak ada warna yang sama, maka bisa dengan memasang sampul tambahan agar warnanya menjadi senada.

Baca juga: Simak, Tips Menata Rak Buku Menurut Feng Shui untuk Energi Positif

Tata buku berdasarkan ketinggian

Ilustrasi rak buku di rumah.UNSPLASH/PICKAWOOD Ilustrasi rak buku di rumah.

Selain berdasarkan warna, cara menata rak buku juga bisa dengan menyusun buku berdasarkan tingginya. Letakkan buku tinggi dan besar di satu area yang sama, sedangkan buku pendek dan kecil di area lain.

Jangan letakkan buku yang pendek di samping buku yang lebih tinggi karena akan membuat tampilan buku pendek terlihat semakin kecil dan kurang estetik.

Tambahkan aksesori lain

Tak hanya buku yang bisa disimpan di dalam rak buku. Pernak-pernik dan ornamen dekorasi lain juga bisa diletakkan di dalam rak buku.

Heather Huff-Dewberry, seorang desainer interior, merekomendasikan untuk menyertakan ornamen dekorasi di dalam rak buku. Salah satu ornamen dekorasi yang bisa diletakkan bersama dengan buku yaitu foto keluarga yang sudah dibingkai dalam pigura kayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com