Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Kucing Berumur Panjang, Mana yang Ingin Anda Pelihara?

Kompas.com - 12/12/2023, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapakucing dapat hidup hingga mencapai usia 15 tahun. Tentu saja, memiliki kucing berumur panjang menjadi hal istimewa ketika memeliharanya. 

Artinya, sahabat bulu bakal lama menemani pemiliknya. Namun, tidak ada jaminan bahwa kucing akan hidup hingga usia 20-an karena faktor alam dan perawatan merupakan faktor penentu. 

Baca juga: 4 Penyebab Kucing Depresi dan Cara Mengatasinya

Akan tetapi, memilih ras kucing berumur panjang dan merawatnya dengan baik akan meningkatkan peluang Anda memiliki kucing yang penuh kasih sayang selama bertahun-tahun.

Karena makanan kucing merupakan faktor penting untuk umur panjang, memilih makanan yang lebih berkualitas sejak awal dapat mempersiapkan kucing memperoleh umur yang lebih panjang.

Label makanan kucing harus bertuliskan "lengkap dan seimbang". Pada daftar bahan makanan, pastikan sumber protein berada di urutan pertama dalam daftar bahan makanan dan diberi nama, seperti "ayam, kalkun, domba, atau sapi", bukan "daging". 

Baca juga: Jangan Abai, Ini 9 Tanda Kucing Depresi

Karakteristik ras kucing 

Nutrisi berkualitas, olahraga cukup, dan pemeriksaan kesehatan secara teratur dapat memaksimalkan umur kucing.

Tidak ada karakteristik khusus dari satu ras atau ras lain yang membuat kucing lebih panjang umur. Beberapa ras kucing mungkin memiliki prevalensi lebih tinggi untuk penyakit atau masalah kesehatan, yang dapat memperpendek umur kucing.

Sebaliknya, ras campuran dapat memiliki peluang lebih besar untuk berumur panjang karena memperluas kumpulan gen.

Namun, semua ahli sepakat bahwa ada satu kesamaan yang dimiliki semua ras kucing  berumur panjang adalah kucing dalam ruangan.

Kucing yang dibiarkan berkeliaran di luar ruangan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kecelakaan, seperti tertabrakan mobil, perkelahian antarkucing, dan terkena penyakit.

Begitu pun kucing di dalam ruangan yang dibiarkan berkeliaran di luar rumah memiliki umur terpendek, rata-rata hanya dua hingga lima tahun.

Nah, dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (12/12/2023), berikut ras kucing berumur panjang

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Mendengkur Saat Tidur, Perlukah Khawatir?

Siamese 

Ilustrasi ras kucing Siam.SHUTTERSTOCK/VORAORN RATANAKORN Ilustrasi ras kucing Siam.
Berasal dari Thailand, Siamese atau Siam yang mencolok adalah ras kucing cantik yang telah membuat orang terpesona selama berabad-abad.

Kucing ini dikenal dengan perawakannya yang ramping, ciri khasnya berbeda, serta sifat sosial dan vokalnya.

Beberapa kucing Siamese rentan terhadap masalah gigi dan pernapasan, tetapi ras kucing ini tidak memiliki masalah kesehatan yang signifikan. Umur rata-rata kucing Siam adalah 12-20 tahun. 

Baca juga: Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan Benar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com