Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2023, 20:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKue jahe merupakan salah satu kue khas Natal yang biasa disajikan dan dinikamti. Menghadirkan kue jahe saat perayaan Natal bisa membangkitkan kenangan manis pada hari yang dingin.

Kue jahe memiliki aroma yang khas yang dapat memberikan rasa nikamt serta mengguggah selera. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Dekorasi Natal dan Liburan Terlihat Mewah

Dahulu, kue jahe hanya disuguhkan sebagai makanan atau camilan saat Natal. Namun, saat ini kue jahe juga populer digunakan sebagai salah satu dekorasi Natal di rumah.

Annie Liddle, Pimpinan Annie Liddle Design, bmengatakan dekorasi Natal dengan kue jahe dapat membuat kita bernostalgia. Kue jahe juga dapat membawa kembali memori masa muda yang ceria dan penuh kegembiraan.

Lantas, bagaimana cara mendekorasi rumah dengan makanan manis ini?

Dikutip dari Better Homes & Garden, Rabu (6/12/2023), berikut cara mendekorasi rumah yang terinspirasi dari kue jahe.

Menggunakan dekorasi bertema kue jahe

Menghadirkan dekorasi bertema kue jahe akan memberikan tampilan dekorasi berbeda. Misalnya, menggunakan handuk dekoratif bertema kue jahe.

Liddle menyarankan membuat hiasan kue jahe pada pohon Natal. Menurutnya, pemasangan hiasan berfungsi ganda sebagai aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga sekaligus menciptakan kenangan manis yang tak terlupakan. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Natal Modern yang Bisa Dicoba Tahun Ini

Tentukan area yang tepat

ilustrasi kue jahe. shutterstock/ER 09 ilustrasi kue jahe.

Selanjutnya, cara mendekorasi rumah yang terinspirasi dari kue jahe adalah menetukan area yang tepat. Pilih salah satu area yang cocok untuk menempatkan kue jahe.

Misalnya, meletakkan kue jahe di meja makan. Untuk melengkapi dekorasi meja makan, kamu bisa meletakkan kue lainnya dan tulis nama tamu lengkap dengan kartu Natal yang berkesan.

Kamu juga bisa meletakkan serbet yang disulam dengan motif kue jahe untuk tampila lebih menarik. 

Baca juga: 6 Cara Menggantung Karangan Bunga Natal di Pintu Depan Rumah

Gunakan warna yang identik kue jahe

Mendekorasi rumah dengan kue jahe tidak selalu menghadirkan kue dalam wujud aslinya. Kamu juga bisa menerapkan warna yang identik dengan kue jahe.

Warna khas kue jahe memberikan suasana nyaman dan hangat pada ruangan. Selain itu,  bisa menghadirkan warna khas Natal, seperti merah dan hijau.

Kamu bisa memadukan nuansa ini di dalam rumah dengan menambahkan sentuhan, seperti bantal dalam nuansa coffee dan cokelat hangat atau selimut bertekstur berwarna kue yang hangat.

Baca juga: Cara Menghias Pohon Natal Menggunakan Pita

Buat lebih sederhana

Terakhir, cara mendekorasi rumah yang terinspirasi dari kue jahe adalah membuatnya lebih sederhana, Jika kamu menyukai dekorasi modern, kamu bisa menampilkan dekorasi yang minimalis dengan bentuk kue jahe sebagai inspirasi.

Kamu bisa memilih warna sesuai dengan skema desain saat ini dan pilih beberapa bentuk kue jahe yang cukup besar untuk diletakkan di area strategis di rumah. Bentuk kue jahe akan memberikan kesan anggun sekaligus daya tarik pada ruangan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com