Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jenis Philodendron yang Paling Populer Ditanam di Dalam Ruangan

Kompas.com - 30/11/2023, 21:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Philodendron adalah genus besar yang terdiri atas lebih dari 480 spesies tanaman dalam keluarga Araceae.

Kata philodendron diterjemahkan secara bebas menjadi "pencinta pohon" karena banyak tanaman dalam genus ini yang merambat atau mengikuti epifit yang menggunakan pohon sebagai penopang alami di alam liar. 

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Philodendron yang Dapat Mempercantik Rumah

Meski demikian, ada banyak jenis philodendron dengan kebiasaan tumbuh sendiri atau merambat.

Tanaman philodendron tumbuh baik pada suhu dan tingkat kelembapan rata-rata rumah tangga yang membuatnya menjadi salah satu tanaman hias paling populer dan banyak ditanam atau dirawat.

Banyak tanaman philodendron lebih menyukai cahaya tidak langsung yang terang, yang biasanya mudah disediakan di lingkungan dalam ruangan.

Namun, semua tanaman dalam genus philodendron dianggap beracun bagi kucing dan anjing. Jadi, berhati-hatilah dengan merawat tanaman hias ini jika memiliki hewan peliharaan di rumah. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Kamis (30/11/2023), berikut sejumlah jenis philodendron yang paling populer ditanam di dalam ruangan

Baca juga: Jangan Salah, Ini 5 Perbedaan Tanaman Pothos dan Philodendron

Philodendron berdaun hati

Ilustrasi tanaman hias Philodendron heartleaf. SHUTTERSTOCK/SCISETTI ALFIO Ilustrasi tanaman hias Philodendron heartleaf.
Philodendron berdaun hati atau heartleaf philodendron adalah salah satu jenis philodendron yang paling terkenal dan tersedia secara luas. Philodendron berdaun hati sangat menarik dan mudah tumbuh.

Tanaman philodendron ini memiliki daun hijau giok kecil berbentuk hati dan kebiasaan tumbuh merambat yang membuatnya menjadi pilihan tepat untuk ditanam di keranjang gantung. 

Letakkan philodendro berdaun hati di lokasi yang menerima cahaya tidak langsung dan terang hingga sedang. Siram tanaman dengan air setelah tanahnya kering untuk tumbuh subur. 

Baca juga: 8 Varietas Philodendron yang Cocok Jadi Tanaman Hias di Rumah

Philodendron micans

Selanjutnya, jenis philodendron yang paling populer ditanam di dalam ruangan adalah philodendron micans. Ini adalah philodendron yang benar-benar menakjubkan.

Philodendron micans mempunyai daun hijau tua yang kecil dan lembut serta kebiasaan tumbuhnya yang bergerombol.

Tumbuh paling baik dalam cahaya tidak langsung yang sedang hingga terang dan harus disiram setelah tanahnya hampir sepenuhnya kering.

Sama dengan philodendron Brasil, philodendron micans adalah varietas philodendron berdaun hati.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Berdaun Pink, Salah Satunya Philodendron 

Philodendron Brasil

Ilustrasi tanaman hias Philodendron Brasil di pot gantung. SHUTTERSTOCK/MT.PHOTOSTOCK Ilustrasi tanaman hias Philodendron Brasil di pot gantung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com