Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Jenis Philodendron yang Paling Populer Ditanam di Dalam Ruangan

Kata philodendron diterjemahkan secara bebas menjadi "pencinta pohon" karena banyak tanaman dalam genus ini yang merambat atau mengikuti epifit yang menggunakan pohon sebagai penopang alami di alam liar. 

Meski demikian, ada banyak jenis philodendron dengan kebiasaan tumbuh sendiri atau merambat.

Tanaman philodendron tumbuh baik pada suhu dan tingkat kelembapan rata-rata rumah tangga yang membuatnya menjadi salah satu tanaman hias paling populer dan banyak ditanam atau dirawat.

Banyak tanaman philodendron lebih menyukai cahaya tidak langsung yang terang, yang biasanya mudah disediakan di lingkungan dalam ruangan.

Namun, semua tanaman dalam genus philodendron dianggap beracun bagi kucing dan anjing. Jadi, berhati-hatilah dengan merawat tanaman hias ini jika memiliki hewan peliharaan di rumah. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Kamis (30/11/2023), berikut sejumlah jenis philodendron yang paling populer ditanam di dalam ruangan. 

Tanaman philodendron ini memiliki daun hijau giok kecil berbentuk hati dan kebiasaan tumbuh merambat yang membuatnya menjadi pilihan tepat untuk ditanam di keranjang gantung. 

Letakkan philodendro berdaun hati di lokasi yang menerima cahaya tidak langsung dan terang hingga sedang. Siram tanaman dengan air setelah tanahnya kering untuk tumbuh subur. 

Philodendron micans

Selanjutnya, jenis philodendron yang paling populer ditanam di dalam ruangan adalah philodendron micans. Ini adalah philodendron yang benar-benar menakjubkan.

Philodendron micans mempunyai daun hijau tua yang kecil dan lembut serta kebiasaan tumbuhnya yang bergerombol.

Tumbuh paling baik dalam cahaya tidak langsung yang sedang hingga terang dan harus disiram setelah tanahnya hampir sepenuhnya kering.

Sama dengan philodendron Brasil, philodendron micans adalah varietas philodendron berdaun hati.

Philodendron Brasil adalah hasil budidaya dari philodendron daun jantung yang populer dan dibedakan dengan variegasi hijau limau hingga kuning.

Philodendron memiliki perawatannya sangat mudah. Pastikan menyimpan philodendron ini di lokasi yang menerima cahaya terang dan tidak langsung karena dapat kehilangan variegasinya dalam kondisi kurang cahaya.

Lemon lime philodendron

Lemon lime philodendron merupakan hasil budidaya philodendron berdaun hati. Lemon lime Philodendron juga menjadi jenis philodendron yang paling populer ditanam di dalam ruangan.

Tanaman ini menampilkan dedaunan hijau neon dan kuning cerah yang dapat mencerahkan ruangan mana pun. Selain itu, memiliki kebiasaan tumbuh merambat dan terlihat bagus tumbuh di pekebun gantung atau di rak tinggi.

Untuk menjaga warnanya tetap bagus dan cerah, pastikan Anda memberikan cahaya terang dan tidak langsung pada lemon lime philodendron.  

Birkin memiliki daun hijau tua berukuran sedang dengan garis-garis putih dan beraneka ragam. Philodendron dicirikan oleh kebiasaan merambat dan dikenal sebagai tanaman yang tumbuh lambat.

Tempatkan philodendron birkin di lokasi yang menerima cahaya tidak langsung dan terang untuk mempertahankan keragamannya. 

Bunga ini juga dikenal sebagai philodendron yang merona karena bagian belakang daunnya yang bisa berwarna merah dan merah muda.

Ada banyak pembudidaya populer yang berbeda dari philodendron erubescens, termasuk philodendron putri merah muda, philodendron 'Imperial Green', philodendron 'Imperial Red', dan banyak lagi.  

Philodendron verrucosum

Terakhir, jenis philodendron yang paling populer ditanam di dalam ruangan adalah philodendron verrucosum. 

Philodendron verrucosum memiliki daun hijau beludru, garis-garis keemasan, dan batang berwarna merah/oranye cerah. Philodendron ini umumnya tidak dianggap sebagai tanaman pemula dan dikenal agak rewel.

Tanaman ini membutuhkan suhu dan tingkat kelembapan yang tepat untuk tumbuh subur di dalam ruangan. Jika siap menghadapi tantangan, tanaman merambat ini akan menjadi tambahan bergaya di dalam ruangan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/30/211745276/7-jenis-philodendron-yang-paling-populer-ditanam-di-dalam-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke