Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Tanaman Pendamping Terbaik dan Terburuk untuk Semangka

Kompas.com - 09/11/2023, 10:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Konflik antara Palestina dan Israel masih terus terjadi dan memanas. 

Begitu pun emoji Semangka masih berseliweran di berbagai platform media sosial, seperti Intagram, TikTok, Twitter, dan Facebook, sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina sekaligus mewakili lambang bendera negara tersebut.  

Baca juga: 7 Jenis Semangka yang Bisa Ditanam di Rumah, Jadi Simbol Dukungan Palestina

Semangka adalah buah tropis yang tumbuh subur di berbagai wilayah Palestina, seperti Gaza dan Jenin.  

Semangka memiliki ragam varietas, dari berukuran besar, berukuran lebih kecil, hingga semangka mini. Selain itu, ada pula semangka kuning

Semangka "tetangga" yang baik bagi banyak tanaman lain, yang menjadikannya salah satu tanaman paling cocok untuk kebun mana pun.

Meski tidak ada panduan jelas tentang menanam semangka, masih ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih tempat penanaman dan tanaman apa yang akan diletakkan di sebelahnya atau menjadi tanaman pendamping.   

Baca juga: Jadi Ikon Palestina, Ini Cara Menanam Semangka dari Biji

Beberapa tanaman pendamping semangka dapat mengurangi serangan hama. Namun, penting menghindari menanam varietas tertentu di dekat semangka yang dapat menarik hama.

Semangka termasuk tanaman yang tumbuh merambat, bisa mencapai panjang enam meter. Penyebaran ini tidak terkait dengan ukuran buah semangka, baik varietas kecil Sugar Baby maupun yang besar Crimson Sweet, memiliki penyebaran tiga hingga enam meter. 

Selain itu, semangka membutuhkan sinar matahari penuh sehingga tidak boleh ditanam di samping tanaman tinggi yang dapat menaunginya. 

Mempertimbangkan dua persyaratan tersebut, yakni ruang dan sinar matahari, sudah mempersempit kemungkinan tempat di kebun Anda yang cocok untuk menanam semangka.

Jangan lupa merotasi tanaman semangkan untuk pertumbuhan semangka yang produktif.  

Baca juga: Cara Menanam Semangka Kuning dan Perawatannya

Tanaman pendamping terbaik untuk semangka 

Ilustrasi tanaman semangka, menanam semangka.SHUTTERSTOCK/ABCDSTOCK Ilustrasi tanaman semangka, menanam semangka.
Dua hama utama yang menyerang semangka adalah kutu daun dan kumbang mentimun. Serangga ini tidak hanya memakan tanaman, tetapi juga menularkan virus dari satu tanaman ke tanaman lainnya, yang sering kali lebih merusak daripada serangga itu sendiri.

Ada banyak spesies kutu yang berbeda salah satu yang menyerang semangka adalah kutu melon atau kutu kapas (Aphis gossypii).

Maka, itu pilih tanaman pendamping terbaik untuk semangka yang dapat mencegah kutu daun atau  berfungsi sebagai tanaman perangkap guna mengalihkan perhatian kutu daun agar tidak menyerang tanaman semangka. Berikut tanaman pendamping terbaik untuk semangka: 

Baca juga: 5 Daur Hidup Tanaman Semangka, dari Biji sampai Buah

  • Bawang putih.
  • Catnip.
  • Dill.
  • Mint.
  • Nasturtium

Kumbang mentimun, baik kumbang mentimun berbintik maupun kumbang mentimun bergaris, memakan semangka. Kumbang mentimun belang juga dapat menularkan penyakit layu bakteri, virus tanaman yang mematikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com