Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2023, 10:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Daun hydrangea memiliki warna hijau yang menawan, dari hijau sedang hingga hijau tua. Dedaunan hydrangea memberikan latar belakang yang kontras untuk bunga yang mekar secara dramatis.

Namun, terkadang daun hydrangea dapat menguning, yang mengurangi penampilan bunga cantik ini. Daun hydrangea menguning juga menghilangan kilau tanaman.  

Baca juga: 5 Kesalahan Merawat Tanaman Hydrangea yang Sering Dilakukan

Rupanya, hal ini sebabkan sejumlah hal, seperti drainase yang buruk. Untungnya, masalah ini mudah diatasi. 

Dikutip dari The Spruce, Sabtu (4/11/2023), berikut sejumlah penyebab daun hydrangea menguning dan cara mengembalikan tanaman ke kondisi terbaiknya.

Penyiraman tidak tepat

Warna bunga hydrangea yang sesuai kadar asam basa tanah tempatnya tumbuh.pixabay.com Warna bunga hydrangea yang sesuai kadar asam basa tanah tempatnya tumbuh.

Mempertimbangkan masalah kelembapan adalah langkah terbaik untuk memulai mengindentifikasi daun hydrangea menguning

Daun-daun besar sering terlihat layu saat siang hari. Ketika daun hydrangea tetap layu pada  malam hari atau pagi hari, tanaman mungkin kelebihan air.

Daun yang lemas akan menguning sebelum menjadi coklat dan lembek dan akhirnya rontok. Periksa kelembapan tanah di sekitar pangkal tanaman dengan menusukkan jari sedalam 10 sentimeter atau menggunakan pengukur kelembapan.

Jika tanah terlalu basah dan lembap, berarti tanaman hydrangea kelebihan air. Hindari menyiram tanaman hingga tanah mengering bisa mengatasi masalah daun hydrangea menguning. 

Baca juga: Waspada, Tanaman Hydrangea Berbahaya untuk Anak dan Hewan Peliharaan

Namun, jika dedaunan terus menguning dan layu, Anda perlu mengambil tindakan. Buang tanaman dari tanah dan pangkas akar yang tidak berwarna putih dan turgid (gemuk).

Tanam kembali tanaman hydrangea di lokasi baru atau tambahkan pasir ke dalam tanah untuk drainase yang lebih baik. 

Namun, kurangnya penyiramanya juga dapat menjadi penyebab daun hydrangea menguning dengan pinggiran yang coklat dan kering. 

Untuk mengatasinya, siram tanaman secara dalam hingga permukaan tanah sedikit lembap. Anda mungkin perlu meningkatkan frekuensi penyiraman.

Ingatlah bahwa penyiraman dalam dua hingga tiga kali seminggu umumnya sudah cukup. Tambahkan mulsa untuk membantu mempertahankan kelembaban tanah.  

Baca juga: Bahaya Tanaman Hydrangea untuk Kucing, Bisa Sebabkan Keracunan

Paparan sinar matahari tidak tepat

Ilustrasi bunga hydrangea.Shutterstock/Jordan Feeg Ilustrasi bunga hydrangea.
Beberapa kultivar hydrangea dapat mentoleransi sinar matahari langsung, tetapi sebagian besar lebih menyukai sinar matahari pagi dan sore hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com