Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bunga yang Mekar pada Malam Hari, Harum dan Cantik

Kompas.com - 29/09/2023, 18:00 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga umumnya bermekar pada pagi hari bersamaan dengan terbitnya matahari.

Namun, ada beberapa bunga yang mekar pada malam hari dan dapat menjadi pilihan menarik untuk menghias taman atau rumah Anda. 

Baca juga: 4 Penyebab Biji Bunga Matahari Kosong

Bunga yang mekar malam hari ini memiliki keindahan dan aroma harum yang khas sehingga dapat menambah suasana romantis dan menenangkan pada malam hari.

Selain itu, bunga yang mekar pada malam hari ini merupakan simbol keberanian dan ketekunan serta biasanya memiliki warna cerah agar dapat terlihatserangga penyerbuk dan menghiasi suasana malam yang gelap.

Dikutip dari Living Etc, Jumat (29/9/2023), berikut lima bunga yang mekar pada malam hari untuk mempercantik rumah. 

Sedap malam

Ilustrasi bunga sedap malam atau tuberose yang menjadi flora identitas Provinsi Jawa Timur.Shutterstock/cameilia Ilustrasi bunga sedap malam atau tuberose yang menjadi flora identitas Provinsi Jawa Timur.
Sedap malam (Agave amica) adalah tanaman berbunga yang berasal dari Meksiko. Bunga berwarna putih dan cantik ini mekar pada malam hari.

Jarema Osofsky, desainer lansekap, yang juga dikenal sebagai Dirt Queen NYC, mengatakan bunga sedap malam mengandung ekstrak yang digunakan dalam wewangian.

Ekstrak sedap malam memiliki aroma harum dan manis serta sering digunakan dalam parfum dan produk pewangi lainnya. 

Baca juga: 8 Tanaman Bunga yang Tumbuh Subur di Dalam Ruangan, Apa Saja?

Nicotiana (Nicotiana alata 'Jasmine' dan Nicotiana sylvestris)

Selanjutnya, bunga yang mekar pada malam hari adalah nicotiana. Nicotiana adalah genus tanaman berbunga yang terdiri tas lebih dari 70 spesies.

Bunga ini berasal dari Amerika Utara dan Selatan dan banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Nicotiana alata 'Jasmine' adalah spesies yang paling umum dibudidayakan.

Bunga ini memiliki bunga berwarna putih, merah muda, atau ungu. Bunganya memiliki aroma manis dan menyegarkan sehingga sangat menarik bagi burung kolibri serta kupu-kupu.

Nicotiana sylvestris adalah spesies yang lebih tinggi dan memiliki bunga berwarna kuning. Bunganya memiliki aroma lebih kuat daripada Nicotiana alata ‘Jasmine’.

Nicotiana dapat ditanam dari biji atau stek. Bijinya dapat ditanam di dalam ruangan atau  kebun dan steknya dapat diambil dari tanaman dewasa. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Bunga Matahari Tumbuh Tinggi

Bunga bulan

Bunga bulan (Ipomoea alba) atau moonflower adalah bunga merambat yang berasal dari daerah tropis dan subtropis di Amerika Utara serta Selatan.

Tanaman bunga ini memiliki bunga berwarna putih, mekar pada malam hari dan akan terbuka dalam hitungan menit pada sore hari, dan akan menutup kembali saat matahari terbit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com