Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Penyebab Daun Hydrangea Menguning dan Cara Mengatasinya

Namun, terkadang daun hydrangea dapat menguning, yang mengurangi penampilan bunga cantik ini. Daun hydrangea menguning juga menghilangan kilau tanaman.  

Rupanya, hal ini sebabkan sejumlah hal, seperti drainase yang buruk. Untungnya, masalah ini mudah diatasi. 

Dikutip dari The Spruce, Sabtu (4/11/2023), berikut sejumlah penyebab daun hydrangea menguning dan cara mengembalikan tanaman ke kondisi terbaiknya.

Mempertimbangkan masalah kelembapan adalah langkah terbaik untuk memulai mengindentifikasi daun hydrangea menguning. 

Daun-daun besar sering terlihat layu saat siang hari. Ketika daun hydrangea tetap layu pada  malam hari atau pagi hari, tanaman mungkin kelebihan air.

Daun yang lemas akan menguning sebelum menjadi coklat dan lembek dan akhirnya rontok. Periksa kelembapan tanah di sekitar pangkal tanaman dengan menusukkan jari sedalam 10 sentimeter atau menggunakan pengukur kelembapan.

Jika tanah terlalu basah dan lembap, berarti tanaman hydrangea kelebihan air. Hindari menyiram tanaman hingga tanah mengering bisa mengatasi masalah daun hydrangea menguning. 

Namun, jika dedaunan terus menguning dan layu, Anda perlu mengambil tindakan. Buang tanaman dari tanah dan pangkas akar yang tidak berwarna putih dan turgid (gemuk).

Tanam kembali tanaman hydrangea di lokasi baru atau tambahkan pasir ke dalam tanah untuk drainase yang lebih baik. 

Namun, kurangnya penyiramanya juga dapat menjadi penyebab daun hydrangea menguning dengan pinggiran yang coklat dan kering. 

Untuk mengatasinya, siram tanaman secara dalam hingga permukaan tanah sedikit lembap. Anda mungkin perlu meningkatkan frekuensi penyiraman.

Ingatlah bahwa penyiraman dalam dua hingga tiga kali seminggu umumnya sudah cukup. Tambahkan mulsa untuk membantu mempertahankan kelembaban tanah.  

Hindari paparan sinar matahari yang tidak tepat dengan memilih lokasi yang sesuai atau memindahkan tanaman hydrangea jika memungkinkan.

Terlalu banyak sinar matahari langsung yang terang saat cuaca panas dapat menjadi penyebab daun hyrangea menguning, coklat, dan garing.

Sebaliknya, ketika tanaman hydrangea kekurangan sinar matahari yang cukup, fotosintesis melambat dan mengganggu produksi klorofil, nutrisi yang membuat dedaunan tetap hijau. 

Tanah yang buruk

Menanam hydrangea di tanah berkualitas buruk berkontribusi pada banyak masalah yang menyebabkan daun hydrangea menguning, termasuk penyiraman yang tidak tepat, kekurangan nutrisi, dan penyakit.

Anda dapat melakukan tes di rumah untuk memeriksa tingkat pH tanah yang sesuai. Dengan demikian, sampel yang diuji oleh kantor penyuluhan koperasi setempat dapat memberikan informasi tambahan tentang kekurangan nutrisi dan kualitas tanah.

Hydrangea membutuhkan tanah yang sedikit asam dengan tingkat pH 5,0 hingga 6,5. Naikkan pH tanah dengan menambahkan kapur, sedangkan tambahkan aluminium sulfat untuk menurunkan pH. 

  • Zat besi

Ketika daun hydrangea baru menguning, tetapi uratnya tetap hijau, hydrangea kemungkinan kekurangan zat besi. Hal ini disebabkan penyiraman berlebihan, drainase buruk, pemupukan tidak tepat, dan tanah mengandung alkali tinggi.

  • Magnesium

Kekurangan magnesium juga menjadi penyebab daun hydrangea menguning dengan urat hijau, tetapi pada daun yang lebih tua. Hydrangea tipe tanah lebih suka sering kekurangan magnesium.  

Pemupukan yang salah

Pemupukan yang terlalu banyak atau kurang dan menambahkan produk yang salah  berdampak buruk pada seluruh bagian tanaman dan menjadi penyebab daun hydrangea menguning.

Gunakan produk pupuk untuk tanaman yang menyukai asam, seperti hydrangea dan azalea dan ikuti petunjuk kemasan.

Penyakit

Tanaman hydrangea rentan terhadap penyakit jamur, bakteri, dan virus. Virus mosaik hydrangea dan virus bintik tomat menyebabkan daun hydrangea menguning.

Praktik sanitasi yang baik membantu mencegah virus mosaik. Gunakan alat yang steril untuk pemangkasan dan semprotkan pruner di antara pemotongan untuk mencegah potensi penyebaran.

Virus bintik cincin tomat disebabkan nematoda. Carilah varietas yang tahan terhadap penyakit ini. 

Hama

Terakhir, penyebab daun hydrangea menguning adalah masalah hama. Hama dapat membawa dan menyebarkan penyakit.

Tungau laba-laba berbintik dua juga menyebabkan perubahan warna daun dan kerusakan pada hydrangea. Bintik-bintik putih dan kuning diikuti oleh lubang dan akhirnya defoliasi.

Tanda-tanda awal tungau laba-laba, termasuk anyaman halus. Periksa bagian bawah daun apakah ada kerusakan dan oleskan mimba atau minyak hortikultura. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/04/104858076/7-penyebab-daun-hydrangea-menguning-dan-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke