Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2023, 19:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Hepper


JAKARTA, KOMPAS.com – Permen menjadi salah satu makanan manis yang banyak disukai. Rasanya yang legit dengan tekstur yang unik membuat banyak orang ketagihan saat memakan permen.

Namun, apabila Anda memiliki kucing di rumah, ada baiknya untuk menyimpan permen di tempat yang aman. Sebab kucing merupakan hewan yang memiliki rasa penasaran tinggi.

Tak menutup kemungkinan mereka akan mencicipi permen yang dijumpainya karena merasa penasaran. Lantas, bolehkah kucing makan permen?

Dilansir dari Hepper, Rabu (1/11/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Roti? Ini Penjelasannya

Apakah kucing boleh makan permen?

Meskipun ada beberapa jenis permen yang tidak secara langsung beracun untuk kucing, bukan berarti kucing boleh memakannya.

Permen menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi kucing. Sebab, terkadang dalam permen mengandung bahan yang beracun bagi kucing.

Kucing sedang makan permenShutterstock/Marinka Buronka Kucing sedang makan permen

Selain itu, permen tidak memberikan manfaat untuk kesehatan kucing. Apabila kucing terlanjur makan permen, segeralah untuk bawa kucing ke dokter hewan agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Bahan permen yang beracun bagi kucing

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa dalam permen terdapat bahan-bahan yang berbahaya untuk kucing. Berikut ini bahan permen yang perlu dihindari karena berbahaya untuk kucing.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Telur Mentah? Ini Penjelasannya

  • Cokelat

Cokelat merupakan salah satu bahan yang biasanya ditambahkan dalam permen. Cokelat mengandung dua senyawa beracun theobromine dan kafein.

Kedua senyawa tersebut bisa menyebabkan kucing muntah-muntah, gelisah, dan diare. Pada kondisi yang serius, kucing bisa mengalami kejang, tekanan darah tidak stabil, masalah pada jantung, bahkan sulit bernapas.

  • Kacang-kacangan

Selain cokelat, kacang juga menjadi bahan dalam permen yang berbahaya untuk kucing. Kacang bisa membuat kucing diare dan sakit.

Sementara itu, kucing macadamia bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan dan neurologis sehingga perlu dihindari.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Nasi? Ini Penjelasan Selengkapnya

  • Kismis

Terkadang, ada produsen permen yang menambahkan kismis dalam produknya. Kismis ternyata berbahaya untuk kucing karena bisa menyebabkan masalah pada ginjal.

  • Xylitol

Rasa manis pada permen biasanya didapatkan dari zat yang disebut xylitol. Zat ini bisa menyebabkan darah gula darah hewan peliharaan menurun drastis. Selain itu, xylitol juga bisa menyebabkan kerusakan hati dalam jangka panjang.

Itulah penjelasan seputar bahaya permen bagi kucing. Melihat banyaknya risiko penyakit yang bisa diakibatkan oleh makanan manis ini, maka Anda perlu selalu mengawasi dan menjaga kucing kesayangan agar tidak mengonsumsi permen maupun makanan yang mengandung zat berbahaya lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com