BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Jangan Sampai Salah, Intip 4 Tip Memilih Mesin Cuci untuk Keluarga

Kompas.com - 27/10/2023, 14:27 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Seiring perkembangan teknologi, mesin cuci juga hadir dengan berbagai varian, model, dan beragam fitur modern. Karena itu, konsumen kerap kebingungan dalam memilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan.

Pasalnya, banyak hal perlu dipertimbangkan, terlebih bagi konsumen yang memiliki anggota keluarga dengan jumlah banyak. Seperti diketahui, keluarga besar kerap mengalami masalah berupa jumlah cucian yang menggunung.

Jika mesin cuci yang dipilih kurang tepat, aktivitas mencuci pakaian bisa lebih merepotkan dan tidak efisien. Pencucian pun harus dilakukan lebih dari satu kali sehingga menghabiskan waktu lama. Alhasil, penggunaan air, detergen, dan daya listrik juga turut menjadi boros.

Untuk menghindari hal tersebut, Kompas.com telah merangkum empat panduan memilih mesin cuci yang tepat sesuai kebutuhan keluarga. Berikut adalah penjelasannya.

1. Menentukan tipe mesin cuci

Secara umum, terdapat dua tipe mesin cuci di pasaran, yaitu mesin cuci bukaan atas (top load) dan bukaan depan (front load). Keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Mesin cuci bukaan atas, misalnya, cenderung lebih populer karena penggunaannya lebih mudah ketimbang mesin cuci bukaan depan. Oleh karena itu, mesin cuci ini cocok untuk pengguna baru.

Mesin cuci top load hadir dengan dua pilihan tabung, yakni satu tabung dan dua tabung. Pada mesin cuci satu tabung, pencucian dan pengeringan dilakukan dalam satu tabung.

Sementara, pada mesin cuci dua tabung, pencucian dan pengeringan dilakukan di tabung terpisah.

Adapun mesin cuci front load biasanya merupakan mesin cuci full automatic dengan berbagai fitur teranyar, seperti fitur steam function yang dapat membantu menghilangkan noda dan virus dengan uap panas.

Beberapa mesin cuci front load hadir dengan fitur pengering. Namun, beberapa di antaranya tidak memiliki fitur tersebut.

2. Pilih kapasitas sesuai kebutuhan

Ketika memilih mesin cuci, pertimbangkan kapasitas cucian yang bisa ditampung. Kapasitas mesin cuci sendiri ditentukan oleh ukuran keranjang cucinya. Biasanya, kapasitas mesin cuci diukur dalam satuan kilogram (kg), yakni 5 kg, 8 kg, 12 kg, dan 14 kg.

Perlu diketahui, mesin cuci harus digunakan sesuai kapasitasnya. Jika jumlah pakaian kotor yang dicuci melebihi kapasitasnya, motor mesin akan terbebani. Hal ini dapat memicu kerusakan.

Selain itu, kelebihan kapasitas juga menyebabkan ruang gerak pakaian saat dicuci berkurang. Alhasil, hasil cucian menjadi kurang bersih.

Polytron Primadona Giant hadir dengan kapasitas pencucian besar, yakni 14 kg. dok. Polytron Polytron Primadona Giant hadir dengan kapasitas pencucian besar, yakni 14 kg.

Salah satu mesin cuci berkapasitas besar dan mampu menampung cucian dengan kapasitas besar adalah mesin cuci Primadona Giant dari Polytron. Sesuai namanya, mesin cuci ini hadir dengan kapasitas yang besar, yakni 14 kg.

Dengan kapasitas tabung besar, mesin cuci itu dapat menampung cucian lebih banyak dalam sekali mencuci sehingga bisa menghemat waktu.

Terlebih, mesin cuci Primadona Giant sudah dilengkapi fitur Mega Pulsator yang dapat mencuci 30 persen lebih banyak dan dengan sirip pulsator ekstrabesar. Dengan fitur ini, putaran air saat mencuci lebih besar sehingga cucian yang dihasilkan dua kali lebih bersih ketimbang biasanya.

Tak hanya itu, ukuran tabung yang besar juga memungkinkan pengguna mencuci bahan lain yang berukuran besar dan tebal, seperti selimut, gorden, seprai, dan jaket musim dingin.

3. Perhatikan fitur mencuci yang disematkan

Saat ini, produsen mesin cuci membekali produknya dengan berbagai fitur unggulan untuk memberikan kemudahan mencuci pakaian pada konsumen.

Sebagai contoh, fitur Magic Gear yang disematkan pada mesin cuci 2 tabung Primadona Giant. Fitur ini memungkinkan motor pada mesin cuci berputar lebih kuat, tetapi tetap bisa menghemat penggunaan listrik hingga 30 persen.

Mesin cuci tersebut juga dibekali fitur Gentle Wash. Mode mencuci lembut ini dapat menjaga serat pakaian sehingga pakaian lebih awet serta bahan dan warna pun tidak mudah rusak.

Kemudian, fitur Water Selector. Fitur pada mesin cuci Primadona Giant ini dapat memudahkan Anda dalam menyesuaikan jumlah air saat mencuci.

Selain itu, mesin cuci itu juga mampu menjaga kualitas air yang masuk sehingga pakaian tetap bersih anti kusam selama proses mencuci berkat kehadiran fitur Water Filter. Dengan begitu, kualitas dan warna pakaian tetap terjaga, bersih, dan antikusam.

Mesin cuci Polytron Primadona Giant dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan pengguna mencuci pakaian. dok. Polytron Mesin cuci Polytron Primadona Giant dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan pengguna mencuci pakaian.

4. Sesuaikan ukuran mesin cuci dengan area rumah

Sebelum membeli, pastikan Anda sudah mengukur secara seksama ruang yang akan menjadi tempat peletakan mesin cuci.

Pastikan juga di ruang tersebut terdapat ruang gerak bagi Anda untuk memudahkan proses mencuci, seperti memasukkan dan mengeluarkan pakaian.

Selain ukuran, pemilihan mesin cuci dengan desain tepat bisa mendukung kesan estetis suatu ruangan. Mesin cuci Primadona Giant, misalnya, memiliki desain clean look yang bisa membuat laundry room Anda terlihat rapi.

Sebagai informasi, mesin cuci Primadona Giant hadir dengan dua pilihan warna, yaitu biru dan hitam. Mesin cuci ini pun memiliki masa garansi yang cukup panjang, yakni 3 tahun untuk perbaikan, jasa servis, dan komponen.

Untuk mendapatkan Primadona Giant, Anda bisa membelinya di toko-toko elektronik terdekat atau secara online di website resmi www.polytron.co.id.

Sementara itu, untuk informasi lebih lengkap, silakan hubungi customer care 1500833 atau akun Instagram @polytron.homes.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com