Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Proses Merenovasi Rumah Berjalan Lancar

Kompas.com - 20/10/2023, 16:07 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merencanakan merenovasi rumah sering kali terasa cukup berat karena ada banyak hal yang perlu dipertimbangan untuk menciptakan hunian yang sesuai harapan. 

Selain itu, proses merenovasi rumah yang sukses memerlukan pemikiran jangka panjang dan perencanaan fungsi yang cermat untuk meningkatkan nilai rumah selain tampilan bagus. 

Baca juga: 6 Mitos Merenovasi Rumah yang Tidak Perlu Dipercaya  

Karena itu, penting merencanakan dan mempersiapan renovasi rumah dengan tepat sebelum memulainya agar semuanya berjalan lancar.

Dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (20/10/2023), berikut lima cara membuat proses merenovasi rumah berjalan lancar

Pastikan desain rumah dapat bertahan lama

Ilustrasi merenovasi rumah.Shutterstock/FrankHH Ilustrasi merenovasi rumah.
Saat merencanakan renovasi rumah, penting memastikan desain hunian dapat bertahan lama hingg masa depan.

Desain rumah yang bagus tidak lekang oleh waktu, tetapi tren desain dapat datang dan pergi. Maka itu, penting memilih desain rumah yang fungsional dan dapat beradaptasi dengan perubahan waktu serta kebutuhan dan gaya.

Marisa Simonetti, pemilik Tim Real Estate Simonetti—agen real estate asal Amerika Serikat—ymengatakan kunci keberhasilan merenovasi rumah adalah fokus mendesain area yang dapat menaikkan nilai jual rumah, seperti ruang tamu, kamar mandi, dapur, dan kamar tidur. 

Baca juga: 6 Cara Merenovasi Rumah dengan Anggaran Terbatas

Rencanakan anggaran, izin, dan waktu

Selanjutnya, cara membuat proses merenovasi rumah berjalan lancar adalah merencakanan anggran, izin, dan waktu. Ketiganya adalah kunci  memastikan renovasi rumah berjalan lancar.

Penting menetapkan anggaran yang realistis sejak awal untuk menghindari pengeluaran berlebihan dan siapkan anggaran tambahan untuk pengeluaran tidak terduga, seperti kerusakan.

Dapatkan izin yang diperlukan sebelum memulai merenovasi rumah di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda serta pertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk renovasi dan potensi gangguannya. 

Baca juga: Sebaiknya Pilih Tukang Harian atau Borongan untuk Merenovasi Rumah?

Menyeimbangkan estetika dan fungsionalitas

Ilustrasi merenovasi rumah.Shutterstock/Zakhar Mar Ilustrasi merenovasi rumah.
Estetika dan fungsionalitas adalah dua aspek penting dari merenovasi rumah. Penting  menyeimbangkan kedua aspek ini untuk menciptakan ruang yang indah dan nyaman untuk ditinggali dalam jangka waktu lama.

Untuk menyeimbangkan estetika dan fungsionalitas, penting mempertimbangkan tujuan renovasi dan bagaimana Anda ingin menggunakan ruang tersebut. 

Baca juga: 5 Cara Menghemat Anggaran Saat Merenovasi Rumah

Memilih bahan yang tepat

Memilih bahan yang tepat untuk renovasi rumah adalah salah satu keputusan terpenting yang akan Anda buat. Bahan yang tepat akan membuat rumah menjadi lebih indah, tahan lama, dan nyaman.

Pertimbangkan gaya desain yang akan digunakan di rumah dan pilih bahan yang sesuai dengan gaya tersebut dan anggaran Anda.

Beberapa bahan membutuhkan perawatan lebih dari yang lain. Jadi, pilih bahan yang sesuai dengan gaya hidup Anda, seperti lebih mudah dibersihkan. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Merenovasi Rumah di Daerah Banjir

Menemukan tim yang tepat

Terakhir, cara membuat proses merenovasi rumah berjalan lancar adalah menemukan tim yang tepat. 

Merenovasi rumah adalah proyek besar yang membutuhkan kerja tim yang baik. Penting  menemukan tim yang terdiria tas kontraktor, arsitek, serta desainer interior yang kompeten dan berpengalaman.

Tim yang tepat akan membantu Anda mewujudkan rencana sejak awal serta memastikan  proyek berjalan lancar.

Lakukan banyak riset dan mewawancarai cukup banyak kandidat sebelum membuat keputusan, jangan sampai Anda membuat penyesalan di akhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com