Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Menggunakan Detergen Cair untuk Mengharumkan Rumah

Kompas.com - 20/10/2023, 12:13 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengharum ruangan dan lilin arometerapi bisa mengharumkan rumah dengan cepat dan mudah. 

Namun, ada cara lain mengharumkan rumah yang lebih murah, yakni menggunakan detergen cair. Cara ini juga tak kalah efektif dengan pengharum ruangan.  

Baca juga: 4 Bahan Alami Pengganti Detergen untuk Mencuci Pakaian

Kandungan surfaktan dalam detergen cair dapat menyebarkan aroma harum ke ruangan karena sifatnya yang mengikat dan melepaskan aroma.

Selain itu, detergen cair mengandung parfum yang memberikan aroma segar dan tahan lama, sehingga cocok digunakan sebagai pengharum ruangan.

Dilansir dari Living Etc, Jumat (20/10/2023), berikut lima ide menggunakan detergen cair untuk mengharumkan rumah sepanjang harinya.

Pengharum ruangan dari deterjen cair

Detergen tidak hanya bisa digunakan untuk mencuci pakaian, tetapi juga bisa mengharumkan ruangan.

Vanessa Bossart, pakar kebersihan dari Sparkling Clean Pro—perusahaan pembersih yang ramah lingkungan asal Amerika Serikat (AS)—mengatakan cara membuat pengharum rumah dari detergen cair sangat mudah.

Cukup si botol semprot dengan air hangat, kemudian tambahkan satu sendok makan detergen cair, dan semprotkan pengharum ruangan ke udara atau permukaan yang berbau. 

Baca juga: Detergen Bubuk Vs Detergen Cair, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya  

Menyegarkan karpet dengan baking soda dan detergen cair

Ilustrasi deterjen cair. SHUTTERSTOCK/MPOHODZHAY Ilustrasi deterjen cair.

Selanjutnya, ide menggunakan detergen cair untuk mengharumkan rumah adalah membersihkan karpet. Menyedot debu pada karpet dapat menghilangkan debu dan kotoran, tapi tidak akan membuat karpet menjadi lebih harum.

Detergen cair dapat membantu menghilangkan bau tak sedap pada karpet, sedangkan baking soda membantu menyerap kelembapan dan bau.

Cukup campurkan satu sendok makan detergen cair dengan segelas baking soda, lalu taburkan campuran tersebut di atas karpet, diamkan selama 15 menit, dan sedot karpet menggunakan vacuum cleaner seperti biasa. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Mengepel Lantai Menggunakan Detergen Cair

Pengharum ruangan dari radiator dan detergen cair

Ini adalah ide menggunakan detergen cair untuk mengharumkan rumah yang mudah dan murah. Sebab, detergen cair akan menyebarkan aroma ke seluruh ruangan dan radiator menyebarkan aroma tersebut ke seluruh rumah.

Letakkan handuk di dasar radiator bersama dengan ember untuk menampung air, lalu campurkan 236 mililiter detergen cair dengan air mendidih.

Tuangkan cairan tersebut ke bagian tengah radiator, pastikan cairannya sejajar dengan ember di bawahnya. Jangan lupa mengganti larutan ini secara berkala untuk menjaga aroma tetap segar. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Detergen Pods untuk Mencuci Pakaian

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com