Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tren Ruang Tamu yang Populer di 2023 Menurut Ahli

Kompas.com - 25/09/2023, 12:56 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comRuang tamu menjadi bagian dari rumah yang sangat diperhatikan. Sebab, ruangan ini menjadi area pertama yang dijumpai saat Anda membuka pintu.

Selain itu, fungsi ruang tamu juga digunakan untuk menerima tamu yang datang ke rumah. Oleh karena itu, keindahan dan kenyamanan ruangan ini penting untuk diperhatikan.

Biasanya, pemilik rumah akan mendesain ruang tamu menyesuaikan tren pada tahun tersebut. Setiap tahun biasanya tren akan berubah, walaupun mungkin tidak signifikan.

Baca juga: 10 Tren Ruang Tamu Modern 2023, Furnitur Besar hingga Dinding Gelap

Di tahun ini juga ada beberapa tren ruang tamu yang populer. Dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (25/9/2023), berikut ini beberapa tren ruang tamu yang populer di tahun 2023.

Ruang tamu yang tenang

Desainer Sharon Sherman dari Thyme and Place Design mengatakan bahwa adanya perubahan tren ruang tamu. Kini, banyak yang menyukai ruang tamu kecil dan intim.

Ilustrasi dinding berwarna putih dan bernuansa terangSHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi dinding berwarna putih dan bernuansa terang

Banyak pemilik rumah yang ingin ruang tamunya lebih tenang. Maka dari itu, ruang tamu dibuat tidak terlalu besar, namun nyaman dan tenang.

Kursi yang digunakan juga tidak terlalu besar, namun bisa mendukung percakapan yang menyenangkan.

Sherman juga menyebutkan bahwa biasanya banyak yang menempatkan rak buku khusus dan built-in di ruang tamu, sehingga membuat tempat tersebut nyaman untuk membaca, menulis, atau aktivitas lain.

Baca juga: 6 Cara Mendekorasi Ruang Tamu Kecil Terlihat Lebih Luas dan Nyaman

Ruang tamu dengan tekstur yang nyaman

Bermain dengan tekstur juga menjadi salah satu tren ruang tamu yang populer di tahun 2023. Permainan tekstur bisa terlihat dari furnitur berlapis kain hingga bantal sofa dan karpet yang membuat ruang tamu lebih nyaman.

Tak hanya memberikan kenyamanan, kain-kain lembut pada ruang tamu tersebut juga bisa memberikan dimensi visual. Kain yang cocok digunakan yaitu kain beludru dengan warna dan corak yang cantik.

Ruang tamu bernuansa netral

Ruang tamu yang hadir dengan nuansa netral juga banyak disukai. Gina L. Hacken, pemilik dan desainer utama di Gina Lauren Interiors, LLC, mengatakan bahwa ruang tamu dengan warna netral bisa memberikan suasana hangat dan tenang.

Hacken juga merekomendasikan untuk menghadirkan elemen warna alami seperti putih dan krem lembut. Selain itu, kesan kayu alami juga membuat ruang tamu lebih nyaman.

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Ruang Tamu Berwarna Netral

Ruang tamu dengan marmer tebal

Marmer adalah material furnitur yang biasanya ditempatkan di dapur maupun kamar mandi. Akan tetapi, di tahun 2023 marmer juga digunakan pada ruang tamu.

Marmer memiliki pola dan warna yang bisa membuat ruang tamu lebih cantik. Material ini bisa ditampilkan pada meja maupun lantai. Tak hanya marmer putih, Anda juga bisa menggunakan marmer berwarna merah, hijau, dan coklat.

Ilustrasi ruang tamuSHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi ruang tamu

Menggunakan pola yang serasi

Tren ruang tamu yang populer di tahun 2023 juga banyak menggunakan pola yang serasi. Suzan Wemlinger dari Suzan J. Design menyarankan untuk menggunakan kursi dengan pola bunga besar.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tirai atau gorden bermotif. Agar desain ruang tamu tidak berlebihan, maka Anda bisa menyeimbangkan dengan warna-warna yang lembut.

Baca juga: 5 Tips Desain Ruang Tamu Minimalis yang Nyaman

Membuat pencahayaan yang menarik

Gaya ruang tamu yang populer di tahun ini sangat memperhatikan pencahayaannya. Selain menghadirkan pencahayaan alami, Anda juga bisa menempatkan lampu gantung atau lampu yang menempel di dinding untuk menghasilkan cahaya buata.

Selain itu, warna yang hangat dan cerah juga bisa membuat ruang tamu lebih terang. Selain membuat suasana nyaman, pencahayaan juga membuat ruang tamu lebih hangat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com