Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Mendekorasi Ruang Tamu dengan Warna Hijau

Kompas.com - 01/09/2023, 14:07 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Hijau merupakan salah satu pilihan warna populer untuk mendekorasi rumah. Warna yang identik dengan alam ini menghadirkan ketenangan pada berbagai ruangan, termasuk ruang tamu.

Kurator warna di Farrow & Ball, Joa Studholme, mengatakan membawa elemen-elemen alam ke dalam interior mendorong pertumbuhan pribadi serta membangkitkan perasaan tenang. 

Berikut sejumlah ide mendekorasi ruang tamu dengan warna hijau dikutip dari Ideal Home, Jumat (1/9/2023).

Baca juga: Warna Apa yang Cocok Dipadukan dengan Dekorasi Warna Hijau Sage?

Padukan dinding hijau dengan perabot pink 

Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna hijau sageSHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna hijau sage
Hijau dan pink atau merah muda merupakan warna yang saling melengkapi. Untuk memadukannya, dapat menambahkan kursi beraksen beludru pink ke dalam ruang tamu berdinding hijau.

Gunakan kursi dan meja kopi berkaki kuningan untuk menambahkan kesan elegan. Sentuhan logam menangkap pantulan cahaya, membantu mencegah skema matte terasa datar.

Baca juga: 7 Warna Gorden yang Cocok dengan Dinding Hijau

Cerahkan dengan sukulen hijau yang segar

Tanaman eukulen memiliki beragam manfaat, termasuk meningkatkan fokus, mengatur kelembapan, dan memurnikan udara.

Tambahkan tanaman sukulen berwarna hijau mint yang segar untuk menambahkan sentuhan hijau yang menyegarkan. Warna hijau terang memberikan kesan modern dinamis, terutama jika dipadukan dengan pola belang-belang dan geometris menarik.

Wallpaper motif dedaunan

Hadirkan nuansa eksotis ke dalam ruang tamu dengan wallpaper unik dengan desain dedaunan lebat. Hal ini menghadirkan tampilan berani dengan nuansa cerah. Anda dapat memadukannya dengan logam atau pilih warna lembut serta perpaduan rotan dan anyaman.

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Hijau agar Hasilnya Tak Mengecewakan

Sofa hijau menonjol

Hadirkan tampilan mengundang dengan memilih warna hijau tua untuk sofa. Warna gelap ini akan mendorong Anda untuk duduk dan bersantai.

Untuk suasana nyaman, pilih warna yang sama gelapnya pada dinding, baik hijau serasi maupun biru tua. Tambahkan kecerahan dengan aksen metalik sehingga mencegahnya terlihat suram.

Tembaga merupakan aksen bagus untuk ruang tamu karena memiliki kesan glamor, tetapi juga tone hangat yang membuat ruang terasa nyaman. 

Baca juga: 4 Ide Pembatas Ruangan di Ruang Tamu

Pajangan tanaman di dinding

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna hijau. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna hijau.
Pada ruangan dengan skema dekorasi putih, tambahkan nuansa hijau dengan memajang tanaman di dinding sehingga ruang tamu terasa lebih hidup.

Anda dapat melapisinya dengan warna hijau lain, misalnya, menambahkan tirai dan bantal sofa berwarna hijau limau segar.

Baca juga: 4 Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruangan Kecil, Apa Saja?

Tambahkan warna hijau dengan halus

Tambahkan warna hijau di ruang tamu melalui material kain, seperti bantal sofa. Selain itu, memajang gambar atau lukisan dengan motif palem atau pakis sehingga menciptakan kesan elegan.

Furnitur dari kayu alami dan logam yang elegan akan melengkapi tampilan ruang tamu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com