Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Debu di Rumah agar Tidak Menumpuk

Kompas.com - 13/09/2023, 22:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah berdebu membuat kita merasa tidak nyaman dan bisa menimbulkan penyakit terutama penyakit pada saluran pernapasan. Oleh karena itu, penting untuk rutin membersihkan debu di rumah.

Di musim kemarau seperti saat ini, debu semakin banyak sehingga rutinitas membersihkan debu sebaiknya dilakukan dua sampai tiga kali dalam satu hari.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (13/9/2023), berikut ini langkah-langkah membersihkan debu di rumah dengan benar agar rumah tetap bersih dan sehat.

Baca juga: Cara Membersihkan Debu di Rumah dan Mencegahnya Menumpuk

Bersihkan debu dari bagian atas sampai ke bawah rumah

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat membersihkan debu yaitu dengan membersihkan dari atas sampai ke bawah. Anda bisa mulai membersihkan area langit-langit rumah sampai ke lantai.

Ilustrasi membersihkan debu pada furnitur kayu. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi membersihkan debu pada furnitur kayu.

Bagian atas rak dan lemari juga perlu rutin dibersihkan. Anda bisa menggunakan sapu atau penyedot debu untuk membantu menyingkirkan kotoran tersebut.

Membersihkan benda-benda yang mudah berdebu

Selain membersihkan area atas dan bawah rumah, langkah selanjutnya yaitu membersihkan benda-benda berdebu. Beberapa benda di rumah yang sering berdebu, antara lain;

  • Alat elektronik

Peralatan elektronik di rumah seperti TV dan komputer mudah berdebu. Cara membersihkan peralatan ini cukup menggunakan kain mikrofiber dan kuas untuk membersihkan debu pada celah-celah.

Baca juga: 7 Benda yang Sering Terlewatkan Saat Membersihkan Debu di Rumah

  • Dinding, kusen, plafon, dan alas tiang

Permukaan datar berbentuk vertikal seperti dinding, kusen, plafon, atau alas tiang juga menjadi salah satu area yang mudah berdebu. Untuk membersihkan area ini, Anda bisa menggunakan kemoceng agar bisa membersihkan tempat yang sulit dijangkau.

  • Buku dan hiasan rumah

Buku dan pernak pernik di rumah juga sering menjadi sarang debu. Maka dari itu, penting untuk rutin dibersihkan menggunakan kemoceng atau lap kering.

Selain membersihkan buku dan hiasan, rak wadah barang tersebut juga perlu rutin dibersihkan. Bagian kolong rak juga jangan lupa dibersihkan.

  • Perlengkapan rumah tangga

Peralatan rumah tangga seperti kulkas, oven, dan mesin cuci juga perlu rutin dibersihkan. Anda bisa menggunakan penyedot debu untuk menyingkirkan debu. Setelah itu, lap menggunakan kain lembap agar semakin bersih.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Debu dari Rumah

Ilustrasi membersihkan debu menggunakan kemocengSHUTTERSTOCK/A-PHOTOGRAPHYY Ilustrasi membersihkan debu menggunakan kemoceng

  • Furnitur dan jendela

Furnitur, jendela, dan gorden juga perlu rutin dibersihkan karena menjadi tempat debu. Anda bisa menggunakan penyedot debu atau kemoceng.

  • Kasur

Tempat tidur juga perlu rutin dibersihkan agar tidur nyaman dan berkualitas. Cara membersihkannya bisa menggunakan penyedot debu.

Cegah debu menumpuk

Langkah membersihkan debu di rumah selanjutnya yaitu mencegah tumpukan debu. Beberapa area rumah yang biasanya banyak debu menumpuk yaitu segel jendela, pintu, dan ventilasi udara.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Debu di Rumah

Itulah beberapa langkah membersihkan debu di rumah dengan mudah. Anda harus rutin membersihkan seluruh area rumah agar debu tidak menumpuk.

Apabila area tersebut sulit dijangkau, Anda bisa melapisinya dengan kertas koran bekas agar lebih mudah saat dibersihkan. Anda juga dapat menggunakan alat pembersih debu modern untuk mempermudah pekerjaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com