Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Selang Air Menggunakan Bahan-bahan Sederhana

Kompas.com - 09/09/2023, 12:09 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Brid Zing


JAKARTA, KOMPAS.com - Selang air adalah salah satu perkakas rumah yang biasanya ada di halaman rumah. Hal tersebut dikarenakan, selang air berfungsi untuk mengalirkan air dari kran ke area yang ingin disiram.

Dengan menempatkan selang air di taman, maka penyiraman tanaman menjadi lebih mudah. Namun, salah satu masalah yang sering dihadapi saat menempatkan selang di taman yaitu selang air mudah kotor dan berlumut.

Maka dari itu, selang air perlu rutin dibersihkan. Dengan membersihkan selang, maka fungsinya tetap terjaga dan bisa menghemat uang karena Anda tidak perlu menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini 4 Kegunaan Lain dari Selang Air Bekas

Dilansir dari Brid Zing, Sabtu (9/9/2023), berikut ini cara membersihkan selang air dengan mudah.

Cara membersihkan selang taman menggunakan pemutih

Pemutih pakaian ternyata bisa digunakan untuk membersihkan selang taman. Namun, sebelum dibersihkan selang harus dalam kondisi kering.

Ilustrasi menyiram rumput menggunakan selang airSHUTTERSTOCK/MILICAD Ilustrasi menyiram rumput menggunakan selang air

Kemudian, isi wastafel dengan air hangat dan tambahkan sekitar kurang lebih 200 ml pemutih. Lalu, rendam selang air selama 10 menit dan bilas dengan air jernih.

Ulangi perendaman tersebut sampai semua kotoran terangkat. Bila perlu, gunakan sikat untuk membersihkan selang.

Jika terdapat noda membandel, Anda bisa menggunakan kain yang sudah direndam dalam larutan pemutih dan cuka untuk membersihkan selang. Kemudian, biarkan kain menempel selama 5 menit.

Baca juga: Cara Membersihkan Kain Pel agar Bebas Kuman dan Bau

Terakhir, bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa pemutih dan cuka dari permukaan selang.

Membersihkan selang air menggunakan cuka

Selain pemutih pakaian, cuka bisa digunakan untuk mengangkat noda pada selang air. Cuka bisa dicampurkan dengan air terlebih dahulu.

Lalu, celupkan selang yang kotor pada larutan tersebut dan diamkan selama lima hingga enam jam. Kemudian, bilas sampai selang bersih.

Cara membersihkan selang air pakai minyak atsiri

Tak hanya pemutih dan cuka, minyak atsiri juga bisa digunakan untuk membersihkan selang air yang kotor. Caranya dengan menambahkan dua hingga tiga tetes minyak atsiri ke dalam air atau kain.

Kemudian, tambahkan sabun cuci piring. Oleskan campuran bahan-bahan tersebut ke selang. Terakhir, bilas dengan air bersih dan biarkan selang kering.

Ilustrasi nozzle selang yang berfungsi dengan baikSHUTTERSTOCK/OZCAMERAMAN Ilustrasi nozzle selang yang berfungsi dengan baik

Baca juga: Cara Membersihkan Bak Mandi agar Tidak Ada Noda Berkerak

Cara membersihkan nozzle selang air

Biasanya, selang air dilengkapi dengan nozzle yang fungsinya untuk meningkatkan kecepatan aliran air. Dengan menggunakan nozzle, maka Anda bisa menyiram tanaman dari jarak jauh.

Nozzle selang air juga perlu rutin dibersihkan agar tetap berfungsi dengan baik. Cara membersihkannya cukup mudah.

Pertama, lepaskan terlebih dahulu nozzle dari selang. Kemudian, tuangkan sedikit sabun cuci piring ke dalam nozzle.

Pasang kembali nozzle ke kran air dan buka kran tersebut, sehingga air bisa mengalir ke nozzle. Lakukan proses ini selama kurang lebih 30 detik, hingga bagian dalam nozzle benar-benar bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com