Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Cara Menghilangkan Rasa Sabun pada Alat Makan Silikon

Kompas.com - 05/09/2023, 21:13 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, orang tua lebih sering memberikan anak alat makan dari bahan silikon karena dinilai lebih aman. Selain itu, alat makan berbahan silikon juga tidak mudah rusak saat jatuh atau dilempar oleh anak.

Meskipun nyaman dan aman, namun ada kekurangan yang dimiliki alat makan ini yakni seringkali meninggalkan aroma sabun setelah dicuci. Sisa sabun saat mencucinya lama kelamaan akan menempel dan meninggalkan rasa plastik.

Rasa tersebut bisa berpindah ke makanan, hingga mengakibatkan rasa makanan menjadi kurang lezat. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda perlu mengetahui cara menghilangkan rasa sabun pada alat makan silikon.

Baca juga: Cara Menghilangkan Lapisan Putih pada Peralatan Masak Silikon

Dikutip dari House Digest, Selasa (5/9/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Menggunakan soda kue

Ilustrasi membersihkan alat masak silikon menggunakan rendaman sabun.Dok. The Spruce Eats Ilustrasi membersihkan alat masak silikon menggunakan rendaman sabun.

Untuk menghilangkan aroma sabun pada alat makan silikon, Anda bisa menggunakan soda kue dengan cara mencampurkan soda kue dengan sedikit air hingga menjadi pasta.

Kemudian, gunakan pasta soda kue untuk mencuci alat makan silikon. Gosok secara perlahan dan diamkan selama beberapa jam.

Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih.

Gunakan cuka

Selain soda kue, Anda juga bisa memanfaatkan suka untuk menghilangkan aroma sabun pada alat makan silikon. Cara menggunakannya, box plastik dan masukkan alat makan silikon ke dalamnya.

Baca juga: Apakah Peralatan Masak Silikon Aman Digunakan?

Kemudian, masukkan cuka, air panas, dan garam. Tutup box tersebut dan kocok agar semua alat makan terkena larutan cuka dan garam.

Diamkan selama satu jam dan bilas sampai tidak ada cua yang menempel. Terakhir, keringkan dan alat makan sudah bisa digunakan kembali.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa sabun pada alat makan silikon. Dengan membersihkan secara menyeluruh, maka alat makan tersebut lebih aman dan nyaman saat digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com