Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Tips Mempercantik Halaman Rumah dengan Mudah

Kompas.com - 02/09/2023, 15:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc


JAKARTA, KOMPAS.com - Halaman rumah merupakan area rumah yang banyak dilihat orang. Maka dari itu, halaman rumah harus dibuat rapi dan cantik agar nyaman saat dipandang.

Selain itu, menata halaman depan juga bisa menjadi daya tarik sekaligus nilai tambah untuk rumah tersebut. Umumnya, halaman rumah dihias dengan berbagai tanaman yang cantik.

Tapi ternyata, ada juga hal-hal yang bisa membuat tampilan halaman depan rumah menjadi lebih indah. Dilansir dari Livingetc, Sabtu (2/9/2023), berikut ini beberapa tips mempercantik halaman rumah yang bisa Anda ikuti.

Meletakkan pot berisi tanaman

Apabila halaman rumah Anda luas, menanam tanaman bisa langsung dilakukan di atas lahan tersebut. Namun jika halaman rumah terbatas, maka budidaya tanaman biasa dilakukan dalam pot.

Baca juga: 7 Ide Mempercantik Halaman Depan Rumah dengan Anggaran Minim

Selain menghemat ruang, cara penanaman ini juga tidak akan merusak tanah. Perawatannya pun relatif lebih mudah.

Tak hanya itu, tanaman dalam pot juga bisa pembatas jalan. Jenis tanaman yang ditanam dalam pot bisa berupa tanaman hias seperti bunga, tanaman buah, atau tanaman tahunan seperti cemara.

Ilustrasi jalan setapak depan rumahShutterstock/SingjaiStocker Ilustrasi jalan setapak depan rumah

Buat jalan setapak

Jalan setapak yang mengarah ke pintu masuk juga akan membuat halaman depan terlihat lebih estetik. Jalan tersebut bisa terbuat dari kerikil, batu sungai, hingga beton.

Disamping jalan, bisa ditanami rumput sehingga suasananya menjadi lebih asli. Namun, jika ingin membuat jalan setapak di depan rumah, pastikan untuk rutin membersihkannya agar tidak ditumbuhi lumut yang bisa membuat jalan tersebut menjadi licin.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menata Halaman Depan Rumah

Hias dengan batu kerikil

Jika tidak ingin repot merawat tanaman, maka Anda bisa memanfaatkan batu kerikil untuk menghias halaman rumah. Caranya sangat mudah, cukup hamparkan batu kerikil di depan rumah dan tata sampai terlihat rapi.

Jenis batu yang digunakan bisa disesuaikan dengan kesan yang ingin dihadirkan. Batu yang ukurannya kecil dapat memberikan kesan pesisir pantai. Sedangkan, batu yang berlumut dan kasar bisa menghadirkan suasana hutan atau pegunungan.

Buat kolam ikan dan air mancur sederhana

Tips mempercantik halaman rumah selanjutnya yaitu dengan membuat kolam ikan dan air mancur. Cara ini akan membuat rumah terasa asri seperti di pedesaan.

Anda bisa membuat air mancur sederhana yang pembuatan dan perawatannya cukup mudah. Jenis ikan yang dirawat pun tak harus mahal, ikan-ikan kecil juga bisa menjadi elemen dekorasi eksterior yang cantik dan menarik.

Baca juga: 6 Cara Merawat Halaman Depan Rumah dengan Anggaran Minim

Meletakkan patung

Apabila Anda menyukai seni tiga dimensi, menempatkan patung di halaman rumah juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperindah area tersebut. Patung ini akan menjadi titik fokus pada area tersebut.

Agar tidak berlebihan, Anda bisa meletakkan patung berukuran kecil. Kemudian letakkan tanaman di sekitar patung untuk meningkatkan keindahannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com