Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Obat dengan Tampilan Cantik, Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Kompas.com - 01/08/2023, 13:08 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang saat ini lebih memilih menggunakan obat alami ketika sakit dibanding obat-obatan kimia.

Hal ini pun membuat tanaman obat kembali populer dan membuat beberapa orang menanam tanaman obat di halaman rumahnya.

Baca juga: 5 Tanaman Obat yang Mudah Ditanam di Rumah, Apa Saja? 

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tanaman obat dapat membuat halaman rumah lebih asri dan indah. Sebab, ada beberapa tanaman obat yang memiliki tampilan menarik. 

Dikutip dari buku Tumbuhan Obat Berpotensi Hias dan beberapa sumber lainnya, Selasa (1/8/2023), berikur beberapa tanaman obat dengan tampilan cantik yang cocok  ditanam di halaman rumah. 

Binahong 

Ilustrasi tanaman binahong (Anredera cordifolia).SHUTTERSTOCK/KOJAN PICTURE Ilustrasi tanaman binahong (Anredera cordifolia).

Binahong atau Basella rubra L. juga termasuk tanaman obat yang dapat ditanam di pekarangan rumah. Binahong adalah tanaman herbal yang tumbuh memanjat.

Batangnya tidak berkayu dan sangat lemah serta daunnya tunggal yang letaknya selang-seling.

Tanaman obat semusim ini bermanfaat mengobati pilek, bisul, hingga sembelit. Tanaman binahong juga tumbuh cantik sehingga cocok ditanam sebagai tanaman hia

Baca juga: 5 Contoh Tanaman Obat Keluarga yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Asparagus racemosus willd

Tanaman obat ini tersebar luas di beberapa benua, seperti Afrika, Asia, dan Australia bagian utara. Asparagus racemosus tumbuh merambat dan memiliki banyak cabang serta duri.

Setiap varietasnya memiliki banyak umbi akar yang nantinya akan muncul batang sukulen dan gundul. Selain penampilannya yang cantik, asparagus memiliki manfaat yang sangat beragam, seperti mengatasi diare, rematik, diabetes, hingga gangguan otak.

Ekstrak akarnya diketahui mengandung glikosida yang dapat merangsang kekebalan tubuh. Akar segarnya juga bermanfaatmengobati sariawan hingga merangsang air susu ibu. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Tahan Kelembapan, Aglonema hingga Anggrek

Lavender

Ilustrasi tanaman bunga lavender di pot.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman bunga lavender di pot.
Lavender memiliki tampilan cantik sehingga cocok ditanam di halaman rumah. Selain cantik, lavender juga menjadi tanaman obat yang kaya manfaat. 

Lavender diketahui mampu menghasilkan minyak atsiri yang berguna menjaga kesehatan serta memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang bisa membantu menyembuhkan luka bakar hingga gigitan serangga.

Baca juga: Mudah, Cara Menanam Lidah Buaya Tanpa Akar 

Lidah buaya

Sudah sejak lama lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang kaya manfaat. Gel lidah buaya dipercaya bisa menenangkan luka pada kulit, iritasi kulit, hingga gigitan serangga.

Lidah buaya juga banyak diolah menjadi produk kecantikan dan perawatan tubuh. Tanaman lidah buaya juga bisa ditanam dimana saja, termasuk halaman rumah.

Mint

Tanaman mint juga menjadi salah satu tanaman obat yang dapat ditanam di depan rumah. Mint memiliki banyak manfaat, salah satunya meredakan flu.

Selain itu, mint memiliki bentuk unik dan indah. Mint cocok ditanam dalam pot gantung karena batangnya dapat menjuntai ke bawah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com