Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Merawat Pohon di Halaman Rumah, Tingkatkan Nilai Properti

Kompas.com - 20/07/2023, 16:32 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki halaman atau taman depan rumah yang penuh dengan pohon yang terawat baik serta indah tak hanya meningkatkan tampilan rumah, tapi meningkatkan cahaya alami dan kehangatan serta nilai jual rumah

Sayangnya, sebagian besar pemilik rumah belum mempertimbangkan dampak penuh dari merawat pohon secara teratur terhadap nilai jual rumah atau properti

Baca juga: 5 Pohon yang Cocok untuk Taman Kecil

Ada beberapa manfaat merawat pohon di halaman rumah, seperti memberikan daya tarik visual, mengurangi biaya energi karena keteduhannya, meningkatkan kualitas udara, serta memberikan banyak privasi di properti atau lingkungan sekitar.

Semua ini merupakan nilai jual rumah yang luar biasa ketika tiba saatnya mendaftarkan properti Anda untuk dijual.  

Namun, semua manfaat ini dapat diperoleh apabila menjaga kesehatan dan merawat pohon secara teratur.

Baca juga: 4 Penyakit yang Sering Menyerang Pohon Jeruk dan Cara Mengobatinya

Dampak pohon yang tidak terawat terhadap nilai jual rumah 

Ilustrasi rumah putih.Shutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi rumah putih.
Kesehatan pohon di properti mana pun dapat berdampak besar pada nilai rumah. Pohon yang tidak sehat dapat menyebabkan potensi bahaya karena cabang-cabang besar berisiko tumbang atau sistem akar dapat mengangkat trotoar atau jalan masuk.

Hal ini tidak hanya menciptakan kondisi berbahaya, tetapi juga dapat menyebabkan perbaikan  mahal yang mengurangi nilai properti secara keseluruhan.

Selain itu, pohon yang mati atau sekarat tidak banyak membantu memperbaiki penampilan properti dan pada akhirnya mengurangi daya tarik tepi jalan, yang merupakan faktor penting dalam menentukan nilai pasar.

Karena itu, sangat penting merawat pohon secara rutin agar properti tetap menarik secara visual dan aman bagi mereka yang tinggal di sana atau berkunjung secara teratur.

Menurut penelitian terbaru, lansekap dengan pepohonan yang sehat dan terawat baik dapat meningkatkan nilai jual rumah sebanyak 20 persen. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Dapat Ditanam dan Tumbuh Subur di Bawah Pohon

Manfaat merawat pohon secara teratur

Dari peningkatan nilai properti hingga peningkatan kualitas udara, perawatan pohon secara teratur dapat memberikan banyak manfaat bagi rumah dan lingkungan. 

Dilansir dari My Decorative, Kamis (20/7/2023), berikut sejumlah manfaat merawat pohon untuk rumah. 

  • Meningkatkan nilai jual rumah 

Ilustrasi rumah, Ilustrasi jalan masuk rumah.Shutterstock/romakoma Ilustrasi rumah, Ilustrasi jalan masuk rumah.
Seperti telah dijelaskan, pohon yang terawat baik dapat meningkatkan nilai jual rumah. Hal ini lantaran pohon menambah nilai estetika serta membuat rumah lebih menarik bagi calon pembeli.

Menurut Tree Service Webster NY, layanan perawatan kesehatan tanaman, seperti pemupukan, pemangkasan, dan evaluasi, dapat meningkatkan umur pohon hingga 50 persen.  

Baca juga: 5 Hama yang Menyerang Pohon Bunga Mawar dan Cara Mengatasinya

Di sisi lain, pohon yang tidak sehat atau tidak terawat dapat menurunkan nilai properti karena risiko bahaya yang ditimbulkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com