Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Rumput Halaman Rumah agar Lebih Hijau, Pakai Bawang Putih

Kompas.com - 01/08/2023, 09:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga rumput halaman rumah tetap cantik dan terawat bisa menjadi hal yang rumit dan membuat kita lengah. Misalnya, tidak mengetahui mengapa beberapa area tergenang air sementara yang lain tidak, atau mengapa muncul bintik-bintik coklat di rumput.

Jika Anda melihat rumput halaman rumah terlihat layu atau ada bercak coklat, beberapa siung bawang putih dapat menjadi solusi untuk mendapatkan rumput yang cantik.

Dikutip dari House Digest, Selasa (1/8/2023), gunakan bawang putih yang dicampur menjadi semprotan cair alih-alih diletakkan dalam potongan di atas rumput. Yang Anda butuhkan hanyalah siung bawang putih, air, dan sabun.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Menyiram Rumput Saat Cuaca Panas?

Ilustrasi rumput. Air rendaman rumput dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.UNSPLASH/OCHIR-ERDENE OYUNMEDEG Ilustrasi rumput. Air rendaman rumput dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.

Jika rumput sulit tumbuh sehat dan hijau, tetapi pupuk tidak berfungsi, masalahnya ada di akar. Anda tidak boleh mengabaikan kesehatan tanah rumput.

Parasit pandai masuk ke tanah rumput dan menginfeksi akar. Rumput tidak akan pernah tumbuh subur tanpa menghilangkan parasit atau infestasi lainnya dengan benar, dan bawang putih berfungsi sebagai pestisida alami.

Cara menggunakan bawang putih di rumput halaman rumah

Anda dapat menanam siung bawang putih di sekitar rumput, tetapi tidak akan efektif untuk memerangi parasit di tanah halaman rumah.

Jadi, mengubahnya menjadi cairan adalah yang terbaik untuk memastikan Anda bisa menyebarkannya ke seluruh halaman. Yang Anda butuhkan hanyalah satu kepala bawang putih, 4 gelas air, dua sendok makan sabun cuci piring, stoples, dan botol semprot.

Baca juga: Cara Membersihkan Rumput Palsu

Mulailah dengan mengupas bawang putih lalu masukkan siung bawang putih yang sudah dikupas ke dalam blender atau food processor dengan satu cangkir air dan haluskan selama satu menit.

Anda mungkin tidak akan memiliki campuran yang tercampur sempurna. Tambahkan tiga gelas air lagi ke blender, bersama dengan sabun cair, dan haluskan lagi sampai Anda mendapatkan cairan dengan gumpalan yang lebih sedikit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com