Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Penyebab Mentimun Menguning dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 31/08/2023, 08:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mentimun (Cucumis sativus) adalah tanaman yang relatif tidak sulit tumbuh, tetapi masih bisa mengalami berbagai masalah.

Salah satu masalah paling umum yang ditemui adalah mentimun menguning, tetapi Anda tidak tahu apa penyebabnya. 

Baca juga: Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman Mentimun, Bikin Buah Renyah

Ada berbagai penyebab mentimun menguning, dari masalah lingkungan, hama, atau penyakit. Tentu saja, hal ini dapat membuat frustasi karena merasa perawatan yang dilakukan sia-sia.

Namun, tidak selalu berarti tanaman mentimun dalam kondisi buruk. Untungnya, cara mengatasi mentimun menguning cukup mudah dilakukan apa pun penyebabnya. 

Dikutip dari Better Homes and Gardens, Kamis (31/8/2023), berikut sejumlah penyebab mentimun menguning dan cara mengatasinya. 

Terlalu matang

Ilustrasi mentimun jepang, menanam mentimun jepang.UNSPLASH/KELLY NEIL Ilustrasi mentimun jepang, menanam mentimun jepang.
Meski kebanyakan orang berpikir mentimun sudah matang saat warnanya segar dan hijau, dalam istilah botani, mentimun masih "belum matang" pada tahap perkembangannya serta belum sepenuhnya matang.

Itulah mengapa jika tidak sering memetik mentimun, akan terus matang di pohonnya, yang akhirnya berubah warna menjadi kuning keemasan.

Baca juga: Betulkah Kucing Takut Mentimun dan Apa Saja Bahayanya? 

Akibatnya, mentimun akan memiliki rasa pahit, tekstur lembek, biji besar, dan kulit keras, sehingga tidak enak dikonsumsi.

Cara terbaik menghindari mentimun terlalu matang adalah memanennya sesering mungkin, sebaiknya setiap satu atau dua hari.

Jika menemukan mentimun terlalu matang dan berwarna kuning pada batangnya, buanglah sesegera agar tidak menyedot energi dari batang mentimun. 

 

Stres air

Selanjutnya, penyebab mentimun menguning adalah stres air atau penyiraman. Mentimun adalah tanaman yang menyukai air serta membutuhkan kelembapan teratur untuk tumbuh baik.

Namun, jika tanaman mentimun terlalu banyak atau kurang air, dapat mengalami stres serta menghasilkan buah yang menguning. 

Maka itu, penting memperhatikan penyiraman dan kebutuhan air mentimun. Tanaman mentimun membutuhkan sekitar 2,5 sentimeter air per minggu untuk tumbuh baik.  

Baca juga: Manfaat Garam Epsom untuk Tanaman Mentimun, Bikin Buah Melimpah

Namun, jika tidak yakin tanaman mentimun mendapatkan cukup air, Anda perlu berinvestasi dalam pengukur hujan atau menguji tanah secara manual dengan jari Anda.

Jika 2,5 hingga lima sentimeter bagian atas tanah terasa kering, inilah saatnya menyiram tanaman mentimun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com