Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mendaur Ulang Botol Kaca Bekas Menjadi Vas Bunga

Kompas.com - 29/08/2023, 09:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home


JAKARTA, KOMPAS.com - Botol kaca bekas adalah sampah anorganik yang tidak bisa terurai secara alami. Butuh proses khusus untuk bisa memusnahkan sampah tersebut.

Meskipun demikian, botol kaca bekas tetap bisa didaur ulang dengan cara memanfaatkannya sebagai vas bunga. Selain mengurangi sampah anorganik, menggunakan botol kaca bekas sebagai vas bunga juga bisa menjadi ornamen dekorasi rumah yang cantik dan menarik.

Sebelum digunakan sebagai vas, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Dilansir dari Ideal Home, Selasa (29/8/2023), berikut cara mendaur ulang botol kaca bekas menjadi vas bunga.

Baca juga: 6 Ide Daur Ulang Botol Kaca Bekas Sirup yang Menumpuk di Rumah

Alat dan bahan

  • Botol kaca bekas
  • Aseton
  • Cat akrilik
  • Primer cat
  • Clear coat
  • Kuas cat
  • Tisu dapur

Ilustrasi botol kaca bekas yang didaur ulang menjadi vas bungaShutterstock/Brittani Kinnan Ilustrasi botol kaca bekas yang didaur ulang menjadi vas bunga

Bersihkan botol

Sebelum digunakan sebagai vas bunga, sebaiknya bersihkan bagian luar botol menggunakan aseton. Gosok perlahan dengan tisu dapur sampai sisa cat dan kotoran terangkat.

Biarkan botol kering selama beberapa menit. Jangan menyentuh botol dengan jari, karena akan membuat cat tidak menempel.

Oleskan primer cat

Setelah dibersihkan, oleskan botol kaca dengan primer cat agar cat warna lebih mudah menempel dan tidak mudah terkelupas. Setelah itu, keringkan primer cat selama 24 sampai 72 jam atau sesuai dengan instruksi pada kemasan primer cat.

Lakukan pengecatan

Botol kaca bekas kemudian dicat menggunakan cat akrilik dengan warna sesuai keinginan. Oleskan cat ke seluruh bagian botol, kemudian biarkan kering.

Baca juga: Jangan Dibuang, Daur Ulang Sampah Plastik ke Recycling Village

Setelah itu, lapisi dengan cat kembali agar warna yang dihasilkan lebih terang. Biarkan cat sampai kering sempurna.

Semprotkan clear coat

Langkah berikutnya yaitu menyemprotkan clear coat ke botol kaca yang telah dicat. Clear coat berguna sebagai lapisan pelindung sekaligus menjaga warna cat agar tidak cepat pudar.

Penyemprotan clear coat akan membuat vas bunga dari botol kaca bekas lebih estetik. Setelah disemprotkan, biarkan clear coat mengering.

Isi botol dengan air dan bunga potong

Vas bunga yang sudah dicat bisa diisi dengan air sampai seperempat bagian. Kemudian, masukkan bunga potong yang Anda sukai dalam vas tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Taman Vertikal Sederhana, Bisa Pakai Pot dan Botol Bekas

Letakkan vas berisi bunga potong di ruang tamu atau ruangan lain sebagai hiasan. Jangan lupa untuk rutin mengganti air dalam vas agar bunga tetap segar.

Itulah cara mendaur ulang botol kaca bekas dengan mudah. Selain bisa mengurangi sampah kaca, daur ulang tersebut juga bisa menghasilkan hiasan rumah yang murah dan cantik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com