Kompas.com - 08/08/2022, 13:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comPlastik adalah jenis sampah yang tidak bisa terurai (non-biodegradable) karena bukan berasal dari senyawa biologis. 

Menurut data dari situs resmi Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) pada 2021, limbah plastik menyumbang 17,4 persen dari 28 juta ton sampah per tahun, Senin (8/8/2022). 

Baca juga: Mengubah Sampah Rumah Tangga Jadi Produk Fashon ala Recycling Village

Sampah plastik itu bisa berasal dari rumah tangga, baik kantong kresek hasil belanja di pasar atau toko kelontong maupun plastik pembungkus paket. 

Untuk membantu mengurangi timbunan sampah plastik di rumah atau tempat pembuangan akhir (TPA), kamu bisa mendaur ulangnya di Recycling Village.

Recycling Village adalah komunitas daur ulang sampah plastik rumah tangga yang berasal dari Desa Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. 

Baca juga: 4 Cara Sederhana Mengurangi Sampah Plastik di Rumah

Komunitas yang berdiri pada 2021 ini sudah mengumpulkan sekitar 1.000 kilogram (kg) sampah plastik rumah tangga.

“Kami khusus mengelola sampah plastik rumah tangga seperti kantong kresek, bubble wrap, dan sampah plastik lainnya yang enggak ada harganya di industri ini seperti botol plastik dan tutup botol,” terang Chief Marketing Officer Recycling Village, Addini Alifa Anwari.

Ketika ditemui di Housewarming, The Flavor Bliss, Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (6/8/2022), Addini mengatakan, pihaknya terbuka bagi masyarakat yang ingin mendaur ulang sampah plastik di rumah mereka. 

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini Cara Mengolah Sampah Skincare

Bisa konsultasi dan bantu mengolah sampah plastik

Salah satu produk hasil mendaur ulang sampah plastik rumah tangga milik Recycling Village.kompas.com / Nabilla Ramadhian Salah satu produk hasil mendaur ulang sampah plastik rumah tangga milik Recycling Village.

Addini tidak menampik ada beberapa orang yang ingin mendaur ulang limbah plastik rumah tangga, tetapi bingung ingin diubah menjadi barang jenis apa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.