Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2023, 14:22 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap makhluk hidup pasti akan menua, tak terkecuali pada hewan peliharaan seperti anjing. Hewan berbulu ini ini diketahui menua lebih cepat dibandingkan manusia karena metabolismenya lebih cepat.

Anjing akan lebih cepat dewasa dan sel-sel anjing berubah lebih cepat. Cepat lambatnya anjing dewasa dipengaruhi juga oleh jenisnya.

Anjing ras kecil lebih cepat dewasa dan hidup lebih lama, sedangkan ras besar memerlukan waktu lebih lama untuk dewasa. Sama halnya dengan manusia, anjing yang sudah mulai menua juga akan mengalami perubahan perilaku.

Baca juga: Mengapa Anjing Berperilaku Patuh?

Sebagai pemilik, Anda perlu memahami perubahan perilaku pada teman bulu yang sudah tua. Dilansir Great Pet Care, Sabtu (19/8/2023), berikut ini beberapa perubahan perilaku pada anjing tua yang perlu diperhatikan.

Ilustrasi anjing tidur.PIXABAY/Mylene2401 Ilustrasi anjing tidur.

1. Tidur lebih sering dan energinya menurun

Salah satu ciri anjing sudah tua yaitu mudah lelah. Hal inilah yang membuat anjing lebih sering tidur, malah jalan-jalan, hingga kehilangan minat untuk beraktivitas.

Selain itu, anjing yang sudah mulai menua juga biasanya mudah sakit dan terserang beberapa penyakit seperti hipotiroidisme dan penyakit jantung. Kondisi kesehatan ini jugalah yang membuat anjing lebih mudah lelah, pusing, dan tidak aktif lagi.

2. Berat badan menurun

Seiring bertambahnya usia, anjing akan lebih sulit mempertahankan massa otot tanpa lemak. Massa otot akan mulai menurun dan mengakibatkan penurunan berat badan.

Baca juga: Penyebab Anjing Tidak Bersosialisasi dan Cara Mengatasinya

Penurunan berat badan semakin cepat apabila anjing mengalami kondisi media seperti penyakit diabetes, kanker, dan lain sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com