Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Perubahan Perilaku pada Anjing Tua yang Perlu Diperhatikan

Anjing akan lebih cepat dewasa dan sel-sel anjing berubah lebih cepat. Cepat lambatnya anjing dewasa dipengaruhi juga oleh jenisnya.

Anjing ras kecil lebih cepat dewasa dan hidup lebih lama, sedangkan ras besar memerlukan waktu lebih lama untuk dewasa. Sama halnya dengan manusia, anjing yang sudah mulai menua juga akan mengalami perubahan perilaku.

Sebagai pemilik, Anda perlu memahami perubahan perilaku pada teman bulu yang sudah tua. Dilansir Great Pet Care, Sabtu (19/8/2023), berikut ini beberapa perubahan perilaku pada anjing tua yang perlu diperhatikan.

1. Tidur lebih sering dan energinya menurun

Salah satu ciri anjing sudah tua yaitu mudah lelah. Hal inilah yang membuat anjing lebih sering tidur, malah jalan-jalan, hingga kehilangan minat untuk beraktivitas.

Selain itu, anjing yang sudah mulai menua juga biasanya mudah sakit dan terserang beberapa penyakit seperti hipotiroidisme dan penyakit jantung. Kondisi kesehatan ini jugalah yang membuat anjing lebih mudah lelah, pusing, dan tidak aktif lagi.

2. Berat badan menurun

Seiring bertambahnya usia, anjing akan lebih sulit mempertahankan massa otot tanpa lemak. Massa otot akan mulai menurun dan mengakibatkan penurunan berat badan.

Penurunan berat badan semakin cepat apabila anjing mengalami kondisi media seperti penyakit diabetes, kanker, dan lain sebagainya.


3. Perubahan kepribadian

Tak jarang, anjing merasa kesal saat usianya mulai menua. Kondisi kesehatan yang menurun juga membuat anjing lebih sensitif.

Biasanya, anjing yang sudah tua mengalami demensia sehingga mengalami perubahan kepribadian seperti mudah bingung, tidak tenang, menggonggong ke dinding, hingga merasa cemas di malam hari.

4. Sulit bergerak

Perubahan perilaku pada anjing tua lainnya yaitu sulit bergerak. Kondisi ini bisa terjadi apabila anjing mengalami osteoartritis.

Tanda-tanda anjing mengalami gangguan kesehatan tersebut yaitu sulit bergerak terutama saat menaiki tangga atau melompat, jalan lebih lambat, minat bermain turun, lebih sering tidur, dan sulit bangun.

5. Sulit mengontrol buang air kecil dan buang air besar

Seiring bertambahnya umur, anjing akan kehilangan kemampuan untuk mengontrol buang air kecil dan buang air besar. Hal tersebut membuat anjing mudah buang air sembarangan.

Selain itu, kondisi demensia dan gangguan medis lainnya seperti penyakit ginjal membuat perubahan perilaku tersebut semakin parah.

Cara menjaga kesehatan anjing tua

Menua merupakan hal yang pasti, namun untuk penurunan kesehatan saat sudah tua bisa dicegah. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan anjing yang sudah tua.

  • Menjaga diet sehat

Salah satu cara agar anjing tetap sehat meskipun sudah tua yaitu dengan menjaga diet sehat lewat makanan bernutrisi seimbang. Selain itu, berikan juga suplemen tambahan agar kebutuhan nutrisi harian tetap terpenuhi.

  • Buat agar anjing tetap sibuk

Kesehatan fisik dan mental anjing saat menua penting untuk dijaga. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan pelatihan berupa permainan yang membuat anjing sibuk.


Selain membuat tubuh lebih sehat, kesibukan juga membuat mental anjing lebih sehat.

  • Siapkan tempat istirahat terbaik

Anjing yang sudah tua seringkali mengalami nyeri sendi. Kondisi tersebut mungkin membuat teman bulu sulit beristirahat. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan tempat istirahat yang nyaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/19/142200176/5-perubahan-perilaku-pada-anjing-tua-yang-perlu-diperhatikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke