Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Membeli Townhouse? Ketahui 4 Hal Ini Dulu

Kompas.com - 15/08/2023, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Townhouse adalah rumah bertingkat yang dimiliki individu yang berbagi setidaknya satu atau dua dinding dengan unit yang berdekatan.

Townhouse biasanya terdiri atas dua unit atau lebih dan memiliki fasad serupa, bahkan identik. Tempat tinggal yang berdampingan ini umumnya lebih sempit daripada rumah keluarga tunggal. 

Baca juga: 5 Keuntungan Tinggal di Townhouse dan Membuatnya Banyak Diminati

Namun, membeli townhouse memiliki kenyamanan, lokasi, dan keuntungan harga. Townhouse menyediakan ruang terbuka serta lebih sering daripada tidak, garasi atau carport.

Amanda Pendleton, pakar gaya hidup Zillow—perusahaan pangkalan data properti daring—mengatakan townhouse sangat menarik bagi pembeli milenial dan gen Z, yang banyak di antaranya adalah pembeli pertama kali. 

Menurut penelitian dari Consumer Housing Trends Report pada 2018, 15 persen dari pembeli generasi muda tersebut berharapmembeli townhouse.

Generasi milenial juga kemungkinan besar akan membeli townhouse, setidaknya 13 persen di antaranya. 

Hal ini mungkin karena harganya lebih terjangkau dibanding rumah keluarga tunggal atau rumah tapak. Namun, kata Pendleton, townhouse menawarkan perasaan tinggal di rumah keluarga tunggal-lengkap dengan halaman dan pintu depan. 

"Di saat yang sama, generasi milenial ingin lebih dekat dengan kehidupan perkotaan. Dengan membeli townhouse, mereka bisa lebih dekat dengan kota dan tetap berada di tempat  terjangkau." 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membeli townhouse dikutip dari Better Homes and Gardens, Selasa (15/8/2023).  

Baca juga: 6 Cara Menjaga Apartemen Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas

Temukan lokasi tepat

Ilustrasi townhouse.Shutterstock/doublelee Ilustrasi townhouse.
Meski pengembang dapat membangun townhouse di mana saja, mereka cenderung lebih banyak ditemukan di daerah yang memiliki keterbatasan lahan, seperti pinggiran kota yang berkembang pesat.

Menurut Realtor.com, townhouse sudah ada sejak awal di Inggris, di mana penduduk perdesaan yang ingin bersosialisasi di kota membeli rumah lebih kecil dan paruh waktu di kota. Itulah asal mula istilah ini.

Desain dinding bersama mereka adalah cara optimal mengakomodasi lebih banyak rumah di lahan yang lebih sedikit.

Lebih dekat dengan pusat kegiatan, seperti pusat pekerjaan, perbelanjaan, transit, dan kehidupan malam merupakan nilai tambah bagi banyak mereka yang membeli townhouse.  

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Ruang Keluarga di Apartemen Kecil

Namun, ketika Anda bergerak lebih dekat ke pusat kota, akan lebih suli membedakan mana townhouse dan mana yang bukan.

Rumah deret adalah deretan rumah kompak yang diapit berdampingan yang memiliki eksterior yang sama. Tak heran, hal ini membuat orang-orang bingung dengan townhouse.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com