Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2023, 18:45 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Luce Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah perlu dilakukan secara teratur agar rumah tetap nyaman dan sehat.

Selain berfokus pada bagian yang terlihat jelas seperti lantai, berbagai permukaan, dan furnitur, penting pula membersihkan detail kecil, seperti kap lampu.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Membersihkan Kap Lampu Berbahan Kain

Kap lampu dapat mengumpulkan banyak debu dan kotoran. Untuk itu, penting membersihkan kap lampu secara rutin. Bersihkan kap lampu dengan hati-hati dan perhatikan detail seperti ornamen agar tidak menimbulkan kerusakan. 

Dikutip dari Luce Home, Sabtu (5/8/2023), berikut cara membersihkan kap lampu.

Pembersihan rutin

Ilustrasi kap lampu bernuansa industrial berbahan logam.SHUTTERSTOCK/KOZAK_STUDIO Ilustrasi kap lampu bernuansa industrial berbahan logam.
Baik terbuat dari kaca, kain, maupun anyaman, semua kap lampu dapat menumpuk debu dari waktu ke waktu. Untuk itu, pembersihan rutin penting dilakukan, terlepas dari bahan kap lampu.

Anda dapat menggunakan kain mikrofiber atau kemoceng untuk membersihkan debu pada kap lampu dengan hati-hati. Sebaiknya, lakukan pembersihan seminggu sekali.

Baca juga: Kap Lampu Kotor? Ini Langkah Tepat Membersihkannya

Menghilangkan noda

  • Kap lampu kain

Jika kap lampu terkena noda yang meresap, bersihkan menggunakan sikat gigi atau sikat lembut dan sabun cuci piring.

Mula-mula, lepaskan kap lampu, lalu gunakan campuran air dan sabun cuci piring untuk membasahi area yang terkena noda secara menyeluruh.

Setelah itu, sikat noda dengan lembut hingga bersih dan biarkan kap lampu hingga benar-benar kering sebelum memasangnya kembali. 

Baca juga: Cara Membersihkan Air Fryer yang Benar agar Tidak Cepat Rusak

  • Kap lampu logam

Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam air hangat, kemudian ambil kain dan celupkan ke dalam larutan tersebut sebelum menggunakannya untuk menyeka kap lampu logam.

Jika ada minyak menumpuk, tuangkan cuka putih ke botol semprot dan semprotkan sedikit pada kain sehingga lembap gunakan kain untuk menyeka noda minyak.

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Kap Lampu agar Tak Menampung Debu

  • Kap lampu kaca atau plastik

Kap lampu kaca atau plastik tidak begitu rentan terhadap noda serius. Kain mikrofiber kering lebih dari cukup untuk menghilangkan noda sidik jari yang tertinggal.

Anda juga bisa mencuci kap lampu dengan mencampurkan air hangat dan beberapa tetes sabun pencuci piring di wastafel atau wadah besar.

Rendam kap lampu ke dalam air dan gunakan kain mikrofiber atau spons guna membersihkannya secara menyeluruh.

Setelah semua noda hilang, bilas dengan air dan biarkan hingga benar-benar kering. Sebaiknya, hindari menggosok terlalu keras atau menggunakan pembersih abrasif yang dapat menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Tips Memilih Lampu Hias untuk Ruang Tamu

Mencuci kap lampu kain

Jika merasa kap lampu perlu dibersihkan secara menyeluruh, hilangkan kotoran dari permukaan terlebih dahulu menggunakan kain mikrofiber atau kemoceng.

Setelah itu, buatlah larutan pembersih dengan mencampurkan detergen dan sabun cuci piring dengan sedikit air hangat dalam wadah cukup besar. Pastikan Anda dapat memasukkan kap lampu ke wadah dengan mudah.

Celupkan kap lampu ke dalam air sabun dan gulingkan beberapa kali untuk memastikan setiap bagian kain terendam. Setelah selesai, bilas dengan air hangat dan keringkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com