Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Coklat

Kompas.com - 27/07/2023, 16:22 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Coklat merupakan salah satu warna populer yang dipilih untuk berbagai furnitur di ruang tamu, salah satunya sofa

Selain menghadirkan suasana hangat, sofa coklat dapat berpadu baik dengan berbagai palet warna dan desain serta memberikan dampak besar pada suasana ruangan.

Baca juga: 3 Jenis Sofa yang Cocok untuk Ruang Tamu Kecil

Namun, sebelum memilih dan meletakkan sofa coklat di ruang tamu, penting memastikannya melengkapi dekorasi ruangan.

Dikutip dari Minotti London, Kamis (27/7/2023), berikut cara mendekorasi ruang tamu dengan sofa coklat.

Membuat kontras

Ilustrasi sofa suede.Shutterstock/Santiago Cornejo Ilustrasi sofa suede.
Menciptakan kontras di ruang tamu dapat menonjolkan sisi terbaik sofa. Pertimbangkan menempatkan warna-warna segar dan tenang di seluruh ruangan yang akan menjadi latar belakang sempurna.

Misalnya, biru dan hijau yang sejuk bisa menjadi pilihan untuk melengkapi sofa cokelat tua. Hal ini menghadirkan keseimbangan aksen hangat dan sejuk yang membuat ruang tamu terasa lengkap.

Baca juga: Jangan Gunakan Kain Lap Basah untuk Membersihkan Sofa Kulit, Kenapa?

Lengkapi dengan cokelat

Selanjutnya, cara mendekorasi ruang tamu dengan sofa coklat adalah melengkapi dengan warna coklat lainnya sehingga menciptakan keindahan.

Misalnya, penggunaan lantai kayu dan panel dinding, bahkan perabot berwarna coklat lainnya, dapat menciptakan ruang tamu terasa hangat serta menyatu.

Pilih warna yang berani

Memasukkan warna-warna cerah, seperti oranye dan kuning, keruang tamu dapat menonjolkan sisi terbaik sofa cokelat tua. Anda dapat menempatkan bantal cerah atau karya seni berbingkai di ruangan.

Tanaman hijau yang indah, tapi sederhana, juga dapat menonjolkan kekayaan dan kedalaman warna coklat pada sofa. 

Sofa coklat tua umumnya cocok dipadukan dengan warna peacock blue, merah bata, dan kuning cerah. Namun, Anda tidak perlu ragu mengeksplorasi kombinasi warna berbeda, bahkan memasukkan elemen warna-warni ke ruang tamu.

Selain itu, menggunakan warna berani juga dapat membawa kecerahan dan energi ke ruang tamu.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Cokelat, Hangat dan Nyaman

Kombinasikan pola

Ilustrasi sofa kulit.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa kulit.
Karena kenetralannya, sofa cokelat dapat dipadukan dengan berbagai bentuk dan pola. Untuk mengombinasikan pola, pertimbangkan membawa tekstur dan material berbeda ke ruang tamu.

Desain kain yang menarik perhatian dapat menjadi titik fokus serta memberikan karakter pada ruangan, tapi penting mendistribusikannya dengan baik.

Jika polanya tidak tersebar, ruang tamu bisa terlihat tidak seimbang. Karpet bermotif, meja kopi geometris, dan wallpaper bisa menjadi cara efektif melapisi pola.

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Biru

Pertimbangkan warna terang 

Terakhir, cara mendekorasi ruang tamu dengan sofa coklat adalah mempertimbangkan warna terang lantaran sofa coklat memiliki potensi mendominasi ruang yang dapat membuat r

Pertimbangkan aksen abu-abu, cream, dan warna putih untuk mengalihkan kesan berat dari sofa cokelat. Dengan pemilihan yang cermat, warna-warna yang lebih pucat akan mengimbangi sofa coklat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com