Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Pemicu Feng Shui Buruk di Kamar Tidur yang Harus Dihindari

Kompas.com - 27/07/2023, 07:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah filosofi kuno asal Tiongkok yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Feng shui menggabungkan teori yin/yang, lanskap, dan penempatan bangunan dalam ruang dan waktu.

Dilansir Homes & Gardens, Kamis (27/7/2023), prosesnya selaras dengan energi unik sebuah bangunan dan tanah tempatnya berada untuk mendorong aliran energi positif ke dalam rumah dan kehidupan orang-orang yang tinggal di rumah.

Feng shui dapat digunakan untuk seluruh rumah, atau level mikro untuk ruangan tertentu atau bahkan meja.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Usir Energi Negatif di Rumah Menurut Feng Shui

Ilustrasi kamar tidur dengan sofa dan warna cat hijau.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi kamar tidur dengan sofa dan warna cat hijau.

Prinsipnya tetap sama, yakni ruang dibagi menjadi sembilan bidang yang sama dengan masing-masing bidang yang berkaitan dengan bagian kehidupan, yaitu hubungan, karier, kekayaan, kesehatan, keluarga, persahabatan yang membantu, pembelajaran atau spiritualitas, reputasi, serta peluang baru.

Meskipun feng shui bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatur kamar tidur, itu bisa dilakukan dengan tidak benar. Bila feng shui tidak benar, kamar tidur mungkin terasa berantakan dan membuat stres, berdampak pada tidur Anda.

Menurut ahli terapi feng shui dan interior Suzanne Roynon, berikut beberapa pemicu feng shui buruk di kamar tidur yang harus dihindari.

1. Tidak meletakkan tempat tidur di posisi perintah

Feng shui adalah tentang menghubungkan energi rumah, dan kamar tidur adalah tempat di mana kita perlu merasa membumi dan nyaman, jadi semuanya dimulai dengan posisi tempat tidur, jelas Roynon.

Baca juga: 5 Kesalahan Desain Ruang Tamu yang Harus Dihindari Menurut Feng Shui

Idealnya, Anda harus dapat melihat pintu dari apa yang disebut posisi perintah, yang berarti Anda segera mengetahui siapa pun yang masuk ke ruangan dan memiliki kontrol visual terhadap ruangan tersebut, tutur dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com