Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencegah Kucing Liar Buang Air Besar di Halaman Rumah

Kompas.com - 14/07/2023, 08:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran kucing liar di halaman rumah bisa mengganggu. Sebab, kucing liar bisa buang air besar sembarangan di halaman rumah, menyebabkan bau yang menusuk.

Dikutip dari Express UK, Jumat (14/7/2023), halaman rumah adalah tempat yang menarik bagi kucing liar karena memberi mereka banyak tempat untuk dijelajahi. Meskipun baik untuk kucing, namun kucing liar bisa menjadi gangguan bagi tanaman.

Mengusir kucing liar dari halaman rumah bisa sulit, tetapi melindungi tanaman dari kotoran kucing bisa jadi sederhana.

Baca juga: 6 Tips agar Kucing Tidak Naik ke Meja Makan

Ilustrasi kucing di halaman rumah, kucing buang air di halaman rumah.PIXABAY/URSZULA Ilustrasi kucing di halaman rumah, kucing buang air di halaman rumah.

Pakar berkebun David Domoney menyatakan bahwa solusi terbaik adalah menghentikan kucing liar masuk ke halaman rumah. Kucing adalah makhluk dengan rutinitas dan biasanya masuk dan keluar dari tempat yang sama.

Anda harus mencoba mengamati dari mana kucing masuk. Jika kucing datang melalui lubang di pagar atau tanaman pagar, area ini harus diblokir.

Jika kucing memanjat pagar, Anda dapat memasang tali 10 hingga 15 cm di atas bagian atas pagar, di sepanjang panel. Ini membuat kucing sulit menyeimbangkan panel pagar, tutur Domoney.

Atau Anda bisa mengoleskan losion atau petroleum jelly untuk menghentikan kucing menggunakan pagar untuk masuk ke halaman rumah.

Baca juga: 8 Ras Kucing Paling Kuno, Ada yang Telah Dibiakkan Sejak 4.000 Tahun

Domoney mengklaim bahwa salah satu cara mencegah kucing buang air besar di halaman rumah yang benar-benar terbukti efektif adalah menggunakan teh celup di halaman rumah untuk mencegah kucing buang air besar di dekat tanaman.

Letakkan teh celup dan menyemprotkannya dengan semprotan untuk nyeri otot. Daun teh menyerap bau yang kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com