Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kain Pel Baru Harus Dicuci Sebelum Digunakan, Ini Sebabnya

Kompas.com - 11/07/2023, 21:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengepel lantai adalah salah satu kegiatan membersihkan rumah yang perlu dilakukan secara rutin. Mengepel lantai bukan hanya tentang menggunakan kain pel, memasukkannya ke dalam ember berisi larutan pembersih, dan mengepel lantai.

Kerap kali, ketika menggunakan kain pel baru, Anda akan merasa kecewa karena lantai masih berdebu dan kusam. Untuk menghindari hal ini terjadi, sangat penting untuk mencuci kain pel baru secara menyeluruh sebelum digunakan membersihkan rumah.

Dikutip dari House Digest, Selasa (11/7/2023), untuk mencegah kotoran atau bakteri memasuki rumah, Anda harus memastikan untuk mencuci kain pel secara terpisah dari kain lain untuk memastikan tidak tersumbat oleh serat.

Baca juga: Cara Membersihkan Kain Pel Setelah Digunakan agar Tak Bau dan Berjamur

Ilustrasi mengepel lantai granit.SHUTTERSTOCK/SASIMOTO Ilustrasi mengepel lantai granit.

Selain itu, jangan menggunakan pelembut kain atau Anda akan melihat lapisan residu yang mirip dengan apa yang Anda coba hilangkan sejak awal, kata Rebeca Medina, pendiri Tidy Home Cleaning Services.

Cara membersihkan kain pel baru

Mencuci kain pel baru sebelum menggunakannya diperlukan untuk menjaganya dalam kondisi prima.

Selain itu, mencuci kain pel baru, kain pembersih, dan lap debu akan membantu menghilangkan debu berlebihan, kotoran, dan bahkan wewangian kuat yang digunakan selama pembuatan dari seratnya.

Untuk menjaga rumah tetap bersih dan bebas alergen, cuci kain pel menggunakan 3 liter air panas dan 1 cangkir cuka putih. Diamkan dalam larutan selama beberapa menit dan bilas hingga air menjadi jernih.

Baca juga: Cara Mencuci Kain Pel agar Kembali Putih Bersih Seperti Baru

Anda dapat menggunakan ember pel untuk tugas ini selama bersih. Sebaliknya, jika kain pel dapat dicuci dengan mesin, masukkan ke dalam mesin cuci dan jalankan siklus suhu panas yang singkat untuk menghilangkan debu dan bakteri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com