Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Mesin Pencuci Piring Bisa Bantu Lestarikan Lingkungan

Kompas.com - 10/07/2023, 16:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci piring bisa menjadi kegiatan yang melelahkan, khususnya jika Anda sibuk karena banyaknya aktivitas. Piring kotor dan peralatan masak yang penuh dengan sisa makanan bisa menciptakan bau dan pemandangan yang tidak sedap dipandang di dapur.

Nah, untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci piring, mungkin ini saatnya Anda menggunakan dishwasher atau mesin pencuci piring.

Bukan hanya bisa menghemat waktu dan tenaga, tetapi ternyata dishwasher adalah alat untuk menyelamatkan lingkungan. Dikutip dari keterangan resmi Bosch Home Appliances Indonesia, Senin (10/7/2023), berikut beberapa manfaat menggunakan mesin pencuci piring untuk kelestarian lingkungan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Mesin Pencuci Piring yang Tidak Menguras

Ilustrasi mesin pencuci piring.Shutterstock/Varavin88 Ilustrasi mesin pencuci piring.

1. Efisiensi air

Tahukah Anda bahwa menggunakan mesin cuci piring sebenarnya hanya memerlukan lebih sedikit air dibandingkan dengan mencuci dengan tangan?

Studi yang dilakukan Universitas Bonn, Jerman yang termuat di Choice.com mendapati bahwa untuk mencuci 144 item secara manual memerlukan 100 liter air.

Sementara, penggunaan mesin pencuci piring membutuhkan 9.5 liter saja, atau … hampir sepersepuluh dari mencuci dengan tangan!

Data pendukung lain menyebut, dishwasher yang tersertifikasi “Energy Star” mampu menghemat 3.800 galon air selama masa pakai mesin. Bayangkan berapa banyak air terbuang percuma jika Anda melakukan pencucian biasa.

Baca juga: Ketahui, Ini Tanda Mesin Pencuci Piring Bermasalah

Sangat mungkin air tersebut lebih berfaedah untuk kebutuhan lainnya.

2. Hemat energi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com