Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menata Peralatan Dapur agar Rapi dan Teratur

Kompas.com - 30/06/2023, 15:23 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan ruangan yang sibuk dan dapat menyimpan berbagai macam peralatan. Jika tidak tertata dengan baik, barang-barang tersebut dapat dengan mudah berantakan.

Saat merapikan dapur, penting untuk menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan. Selain itu, penting pula untuk memilih tempat yang tepat untuk menyimpan barang-barang tesebut.

Baca juga: 10 Peralatan Dapur yang Sebaiknya Ditaruh di Meja Dapur

Dilansir Homes & Gardens, Kamis (30/6/2023), berikut sejumlah tips menata peralatan dapur.

Ilustrasi dapur, kitchen set atau lemari dapur warna kuning. SHUTTERSTOCK/SKLEP SPOZYWCZY Ilustrasi dapur, kitchen set atau lemari dapur warna kuning.

1. Simpan peralatan dalam kategori

Marine André, home organizer di En route to Joy mengatakan, peralatan, baik yang besar maupun kecil harus dikategorikan. Letakkan peralatan bersama dengan peralatan lain yang sejenis dan kemungkinan besar akan Anda gunakan pada waktu yang sama.

Ia mencontohkan, untuk peralatan besar, letakkan oven di dekat kompor, mesin pencuci piring di dekat wastafel. Hal yang sama juga bisa diterapkan pada peralatan meja yang lebih kecil.

"Ini adalah cara yang sangat sederhana untuk melakukannya sehingga Anda tidak perlu naik atau turun dapur untuk mengambil peralatan dan menyimpan barang," katanya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Minyak dari Peralatan Dapur dengan Mudah

2. Sesuaikan dengan frekuensi penggunaan

Simpan peralatan yang jarang digunkan di rak paling atas di sudut belakang, sehingga peralatan utama Anda mudah dijangkau. Georgina Burdett, professional organizer dan pendiri For The Love of Tidying menyarankan untuk meletakkannya di dekat tempat Anda bekerja dan menyiapkan makanan.

"Anda akan lebih sering menggunakan peralatan tersebut, dan pastikan peralatan tersebut tidak membuang-buang uang atau ruang penyimpanan di dapur," katanya.

Baca juga: Ragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Peralatan Dapur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com