Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Kompor Induksi

Kompas.com - 20/06/2023, 17:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber NDTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini cukup banyak orang kompor gas dengan kompor induksi. Kompor induksi memiliki tujuan yang sama dengan kompor gas, yaitu memanaskan dan memasak makanan, namun menggunakan listrik daripada gas.

Kompor induksi mudah digunakan dan juga portabel, tidak seperti kompor gas. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kompor induksi.

Dikutip dari NDTV, Selasa (20/6/2023), berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli kompor induksi sebagai pengganti kompor gas.

Baca juga: Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik, Jangan Sampai Salah Pilih

Ilustrasi kompor induksi, memasak di kompor induksi. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi kompor induksi, memasak di kompor induksi.

1. Ukuran ruang penyimpanan

Langkah pertama adalah memeriksa ukuran ruang tempat Anda ingin meletakkan kompor induksi di rumah. Pastikan untuk mengukur dimensi tempat sebelum Anda membeli kompor induksi.

2. Kompatibilitas peralatan masak

Tidak semua peralatan masak dapat digunakan pada kompor induksi. Beberapa kompor induksi hanya memanaskan peralatan masak yang memiliki alas yang ramah induksi.

Namun, beberapa kompor induksi memanaskan semua jenis pamci dan wajan, bahkan peralatan yang tidak memiliki pelat pemanas di bagian bawahnya.

3. Ukuran panci

Kompor induksi tersedia dalam ukuran panci minimum dan maksimum. Ukuran panci adalah ukuran pelat pemanas induksi yang memanaskan makanan.

Baca juga: Tips Memakai Kompor Listrik untuk Pertama Kali

Jika bagian bawah peralatan masak Anda kecil atau terlalu besar, bagian atas kompor tidak akan mendeteksi panci dan tidak akan memanaskan panci. Penting untuk mencocokkan ukuran panci dengan peralatan masak yang biasa Anda gunakan.

4. Kapasitas daya

Fungsi kompor induksi tergantung pada watt. Jika watt lebih tinggi, itu akan berfungsi lebih cepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com