Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 8 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Kamar Mandi

Kompas.com - 15/06/2023, 07:27 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang-orang yang memiliki kamar mandi kecil sering mengeluhkan kesulitan menyimpan barang-barang lantaran terbatasnya ruang penyimpanan yang dimiliki. 

Biasanya, kamar mandi kecil hanya memiliki satu ruang penyimpanan seperti lemari kecil di dinding. Namun, ternyata tidak semua barang harus disimpan di kamar mandi. 

Baca juga: Hindari, 6 Kesalahan Saat Membersihkan Kamar Mandi

Para organisator profesional berbagi tentang barang-barang yang sebaiknya tidak disimpan di kamar mandi, melainkan di di tempat lain. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Kamis (15/6/2023), berikut sejumlah barang yang tidak boleh disimpan di kamar mandi.

Perhiasan

Ilustrasi perhiasan emasUnsplash Ilustrasi perhiasan emas
Mungkin terlihat masuk akal untuk menyimpan semua pernak-pernik, seperti gelang dan kalung, di kamar mandi agar Anda mudah mengaksesnya saat bersiap-siap beraktivitas.

Namun, Megan Tevlin dari The Organizing Blonde menyarankan tidak melakukan hal ini. "Perhiasan tidak boleh disimpan di kamar mandi karena kelembapan di dalamnya dapat menyebabkan noda dan perubahan warna," katanya. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Kamar Mandi Tanpa Jendela Terasa Sejuk dan Terang

Perlengkapan mandi ekstra

Tisu toilet ekstra, sampo, dan tisu rias menjadi salah satu barang yang tidak boleh disimpan di kamar mandi.

Kait Hilton dari Life in HARMONie mengatakan harus ada satu area khusus untuk menyimpan perlengkapan mandi sehingga semua orang di rumah bisa mengambilnya saat dibutuhkan.

Peralatan besar

Hilton mengatakan, saat menata kamar mandi, ia sering menemukan peralatan, seperti pelembap udara, pemanas, dan pembersih karpet yang disimpan. 

Padahal, semua benda itu menjadi barang yang tidak boleh disimpan di kamar mandi. Hilton menyarankan barang-barang tersebut disimpan di tempat lain, seperti lemari linen agar tidak memakan banyak tempat di kamar mandi kecil.  

Baca juga: 7 Ide Memperbarui Tampilan Kamar Mandi dengan Anggaran Terbatas

Riasan wajah

Jika menggunakan cermin kamar mandi untuk bersiap-siap menghadapi hari, sepertinya akan lebih praktis jika Anda menyimpan perlengkapan rias wajah di dekatnya, bukan?

Xiomara Romero dari Lilly's Organizing menjelaskan tidak menyimpan riasan di kamar mandi karena lokasinya yang lembap dan panas bisa merusaknya, terutama setelah mandi. "Riasan harus diletakkan di tempat sejuk dan kering."

Sebagai solusi, sebaiknya menyiapkan meja rias di kamar tidur. Romero menyarankan  menyimpan riasan wajah sejauh mungkin dari kamar mandi dan menempatkannya dalam wadah kedap udara sebagai tindakan ekstra untuk mencegah kelembapan yang dapat merusak produk.

Apa pun yang Anda lakukan, jangan biarkan riasan mengacaukan meja rias di kamar mandi. 

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Kamar Mandi

Obat-obatan dan suplemen

Ilustrasi obat paracetamolShutterstock/Maderla Ilustrasi obat paracetamol
Selanjutnya, barang yang tidak boleh disimpan di kamar mandi adalah obat-obatan dan suplemen. Jika terbiasa menyimpan vitamin dan sejenisnya di kamar mandi, mungkin inilah saatnya mengubahnya dan menempatkannya di tempat lain, seperti dapur.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com