Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Kamar Tidur Lebih Nyaman dan Menarik

Kompas.com - 14/06/2023, 17:03 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur merupakan ruangan pribadi untuk beristirahat, memulihkan diri, dan bersantai setelah menjalani rutinitas.

Karena itu, penting membuat kamar tidur menjadi tempat yang hangat dan tenang untuk beristirahat sehingga membantu Anda memiliki kualitas tidur yang baik serta mempengaruhi energi dan produktivitas. 

Dilansir dari Roohome, Rabu (14/6/2023), berikut cara membuat kamar tidur lebih nyaman dan menarik secara estetika.

Baca juga: 6 Cara Membuat Kamar Tidur Bergaya Skandinavia yang Nyaman dan Cantik

Perbaikan

Ilustrasi kamar tidur, kamar tidur minimalis.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi kamar tidur, kamar tidur minimalis.
Lakukan perbaikan untuk hal-hal, seperti kebocoran di kamar mandi, kabel yang terbuka, ubin retak, atau kerusakan lainnya. Hal ini tidak hanya merusak tampilan interior, tetapi juga dapat menyebabkan kecelakaan di rumah.

Pencahayaan

Ruang yang indah membutuhkan pencahayaan baik untuk menonjolkan tampilan interiornya. Sebaiknya, jangan menggunakan lampu plafon yang terlalu terang dan pilih cahaya yang redup.

Gabungkan sumber pencahayaan yang berbeda, termasuk lampu di samping tempat tidur atau lampu plafon. Biarkan cahaya alami sebanyak mungkin. Selain itu, jendela dengan penutup tepat akan memberikan daya tarik pada ruangan.

Baca juga: 3 Warna Pencahayaan yang Disarankan di Kamar Tidur

Bahan alami dan warna menenangkan

Kayu, rotan, batu, dan anyaman merupakan beberapa elemen alami yang dapat menambah kenyamanan di ruangan ketika ditempatkan dengan tepat.

Untuk warna dan tekstur, pertimbangkan menggunakan warna-warna yang tenang untuk kamar tidur. Tambahkan tekstur, seperti rajutan yang nyaman dan bantal bulu imitasi dengan warna netral. Elemen-elemen tersebut akan memberikan kesan hangat.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Kamar Tidur Kecil yang Menenangkan

Berinvestasi pada kasur dan tempat tidur yang berkualitas

Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.Shutterstock/Justin_Krug Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.
Jika tempat tidur tidak nyaman, ini bisa mempengaruhi suasana kamar tidur. Berinvestasilah pada kasur atau tempat tidur yang berkualitas.

Pastikan Anda selalu menjaganya dalam kondisi baik dengan membalik dan memutar tempat tidur setelah beberapa waktu.

Gunakan penutup kasur yang tahan air untuk memastikannya tetap kering. Produsen merekomendasikan mengganti kasur setiap lima sampai 10 tahun.

Tanda lain sudah waktunya mengganti kasur adalah ketika Anda bangun dengan rasa sakit dan pegal. Belilah tempat tidur yang proporsional dengan ruangan Anda dan gunakan seprai yang nyaman.

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Tanda Kasur Harus Segera Diganti

Menjaga udara tetap segar dan bersih

Menambahkan diffuser ke kamar tidur merupakan cara bagus untuk membuat udara yang bersih, segar, dan wangi.

Ada berbagai aroma minyak esensial yang bisa dipilih. Minyak esensial juga dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk mengatasi kegelisahan dan kecemasan.

Untuk menghidupkan ruangan, menjaga udara tetap bersih, dan meningkatkan daya tarik estetika, Anda dapat menambahkan tanaman dan bunga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com