Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Anak Kucing Tumbuh Gigi? Ini Waktu dan Tanda-tandanya

Kompas.com - 04/06/2023, 21:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, anak kucing akan kehilangan gigi susunya dan ini merupakan hal normal sehingga tidak perlu mengkhawatirkannya. 

Biasanya, hal ini bukan proses menyakitkan dan menyulitkan anak kucing. Meski begitu, Anda harus mengetahui bahwa transisi ini sedang berlangsung sehingga dapat mewaspadai adanya masalah, seperti gusi yang sakit atau gigi susu yang tertahan dan mengatasinya sesuai kebutuhan. 

Baca juga: Kapan Mata Anak Kucing Mulai Terbuka? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Waktu anak kucing tumbuh gigi 

Anak kucing akan kehilangan gigi susunya antara usia tiga dan empat bulan. Gigi anak kucing tumbuh dengan pola yang sudah ditentukan.

Jadi, jika melihat anak kucing kehilangan giginya, jangan khawatir. Garis waktu rata-rata ini akan membantu Anda memahami proses anak kucing tumbu gigi seperti dikutip dari Love to Know Pets, Minggu (4/6/2023). 

  • Usia tiga sampai enam minggu: gigi susu tumbuh

Ilustrasi gejala fading kitten syndrome pada anak kucing.SHUTTERSTOCK/JOY BALDASSARE Ilustrasi gejala fading kitten syndrome pada anak kucing.
Gigi pertama anak kucing dikenal sebagai gigi sulung atau "gigi susu". Set gigi pertama ini terdiri atas 26 gigi, yang mulai tumbuh melalui gusi sekitar usia tiga minggu dan biasanya semua gigi sudah terlihat saat anak kucing berusia enam minggu.

Gigi pertama yang akan Anda lihat keluar dari gusi anak kucing adalah gigi seri depan. Ini akan diikuti gigi taring mereka, yang akan terlihat saat anak kucing berusia satu bulan. Terakhir, pada usia enam minggu, gigi premolar akan terlihat. 

Baca juga: Begini Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

  • Usia tiga dan empat bulan: anak kucing kehilangan gigi sulung 

Pada usia antara tiga dan empat bulan, anak kucing mulai kehilangan gigi sulungnya saat gigi dewasa mulai mendorong gusi di belakangnya.

Anda mungkin dapat melihat gigi permanen tumbuh tepat di belakang gigi sulung yang tanggal karena kedua proses tumbuh dan tanggal ini terjadi hampir bersamaan.

Meski tidak ada urutan pasti mengenai gigi mana yang tumbuh terlebih dahulu, gigi seri sering kali merupakan gigi pertama kali tumbuh, diikuti gigi taring atau gigi geraham.

Umur enam bulan: set gigi dewasa sudah lengkap

Saat anak kucing mencapai usia enam bulan, satu set lengkap gigi dewasa permanen biasanya telah menggantikan gigi sulung sepenuhnya.

Set gigi baru ini terdiri atas 30 gigi, termasuk empat gigi geraham. Proses tumbuhnya gigi dewasa hampir sama dengan gigi anak kucing, gigi seri akan menjadi gigi pertama yang tumbuh dan biasanya dimulai saat anak kucing berusia sekitar 3,5 hingga empat bulan. 

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Menyerang Anak Kucing

Tanda-tanda anak kucing tumbuh gigi

Ilustrasi anak kucing.Shutterstock/ANURAK PONGPATIMET Ilustrasi anak kucing.
Biasanya, transi anak kucing dari gigi sulung ke gigi permanen biasanya berjalan cukup lancar, tetapi ada beberapa hal yang perlu diwaspadai.

Sama dengan bayi manusia, tumbuh gigi dapat mengiritasi gusi anak kucing. Saat anak kucing tumbuh gigi, Anda mungkin akan menyadarinya seperti berikut: 

1. Anak kucing mulai mengunyah lebih banyak, terutama pada benda-benda yang tidak pantas seperti sepatu, furnitur, dan tempat tidur. 

Baca juga: 5 Dampak Buruk Memisahkan Anak Kucing Terlalu Cepat dari Induknya

2. Anak kucing mungkin mengeluarkan air liur karena tekanan gigi permanen yang menekan akar kecil gigi sulung memberi sinyal pada sistem mereka untuk mulai melarutkan akar gigi sulung agar lebih mudah lepas.

3. Mungkin akan melihat adanya pendarahan pada gusi atau air liur yang berwarna pink.

4. Anak kucing mungkin juga akan mengais-ngais mulutnya atau menggosok-gosokkan wajahnya ke benda lain lebih sering dari biasanya.

5. Anak kucing bahkan mungkin menjadi enggan makan jika gusinya terasa sangat sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com