Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2023, 11:45 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga rumah tetap bersih bisa menjadi hal melelahkan. Menghilangkan noda dan kotoran dapat membutuhkan waktu dan menguras tenaga. 

Namun,  daripada menghabiskan seluruh akhir pekan, Anda bisa menerapkan beberapa kebiasaan baik yang dapat membantu menjaga rumah tetap bersih lebih lama. 

Dilansir dari Better Bond Cleaning, Minggu (28/5/2023), berikut tujuh tips menjaga rumah tetap bersih lebih lama.

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Rumah ala Hotel, Jadi Nyaman dan Bebas Noda

Buat jadwal pembersihan

Ilustrasi membersihkan rumah atau alat pembersih rumah.Shutterstock/Anna Puzatykh Ilustrasi membersihkan rumah atau alat pembersih rumah.
Membersihkan rumah bukan tugas sekali jadi. Anda perlu membuat rutinitas jika ingin melhat hasil positif untuk waktu lama.

Buatlah jadwal untuk pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari, seperti membersihkan debu, mengepel, dan mendisinfeksi. Untuk menyedot debu karpet, Anda dapat melakukannya dua kali seminggu.

Dengan cara ini, Anda dapat menjaga rumah tetap bersih dan teratur sepanjang hari tanpa merasa sters. Bagi tugas-tugas kecil menjadi rutinitas harian, mingguan, dan bulanan agar Anda dapat menjaganya dalam kondisi bersih sepanjang tahun.

Baca juga: 10 Kebiasaan Sehari-hari untuk Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapi

Rapikan tempat tidur setiap hari

Merapikan tempat tidur setiap hari dapat memberi pengaruh besar pada kebersihan kamar. Hal ini hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit. Lipat selimut, atur bantal, dan ganti seprai jika perlu sebelum pergi bekerja.

Upaya kecil ini dapat membantu Anda menjaga kamar tidur yang bersih dan terorganisasi sepanjang hari.

Tangani tumpahan dengan segera

Anda bisa menggunakan pembersih buatan sendiri dengan cuka putih, cairan pencuci piring, dan air hangat untuk membasahi kain serta mengelap permukaan yang terkena noda.

Ulangi langkah tersebut jika diperlukan. Setelah itu, taburkan soda kue secukupnya, diamkan selama dua sampai empat jam sebelum menyedot debu.

Baca juga: 10 Aturan Membersihkan Rumah yang Aman dan Efektif

Bersihkan meja dapur saat memasak

Ilustrasi membersihkan meja dapur. SHUTTERSTOCK/HANANEKO_STUDIO Ilustrasi membersihkan meja dapur.
Jangan lupa merapikan dapur setiap kali memiliki waktu di sela-sela memasak. Buang makanan yang sudah kedaluwarsa, kemasan kosong, dan barang-barang yang tidak diperlukan lainnya agar dapur terlihat bersih dan teratur.

Selain itu, bersihkan meja dapur setelah selesai memasak guna mencegah Anda harus menggosok noda dan minyak membandel.

Untuk menghialngkan noda, tumpahan, dan cipratan minyak dari permukaan, gunakan hidrogen peroksida dan larutan sabun castile.

Perlu diingat, jangan menggunakan cuka atau pembersih asam lainnya pada permukaan batu alam, seperti granit dan marmer, karena dapat merusak permukaannya.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Garam untuk Membersihkan Rumah

Perhatikan peralatan dapur

Jangan abaikan peralatan dapur, seperti microwave atau oven, saat merapikan dapur. Anda dapat membersihkan peralatan tersebut menggunakan pembersih alami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com