Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2023, 10:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Cookist

JAKARTA, KOMPAS.com - Garam adalah bumbu dapur yang lazim dimiliki di rumah. Akan tetapi, garam juga dapat digunakan untuk membersihkan rumah.

Ada banyak benda di rumah yang dapat dengan mudah dibersihkan dengan garam. Dikutip dari Cookist, Selasa (31/1/2023), garam bisa sangat baik untuk membersihkan rumah, sebagai produk pembersih alami yang ekonomis dan ramah lingkungan.

Bersama dengan soda kue, cuka, dan lemon, garam adalah salah satu bahan utama deterjen buatan sendiri. Kekuatan pembersihan garam diberikan oleh potensi higroskopisnya, yaitu kemampuannya untuk menarik dan menahan cairan.

Baca juga: 10 Manfaat Garam untuk Tanaman dan Cara Pengaplikasiannya

Berikut beberapa cara menggunakan garam untuk membersihkan rumah.

Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian dalam kulkas.

1. Membersihkan kulkas

Jika kulkas kotor dan berbau tidak sedap, Anda dapat menyiapkan larutan pembersih dengan menambahkan satu sendok teh garam ke dalam satu liter air, dan menyemprotkan campuran tersebut pada spons yang akan Anda gosokkan pada kulkas.

Dengan cara ini, semua rak kulkas akan menjadi bersih dan putih.

2. Membersihkan lantai dan permukaan keras

Anda juga dapat menggunakan kekuatan sanitasi garam untuk membersihkan lantai, ubin, dan permukaan keras lainnya, kecuali marmer, yang merupakan bahan yang lebih sensitif dan dapat rusak.

Baca juga: Cara Membasmi Rumput Liar dengan Garam dan Sabun Cuci Piring

Garam membuat permukaan ini berkilau dan memungkinkan Anda memiliki lantai yang selalu berkilau dan cerah. Tambahkan segenggam garam ke dalam 1,5 liter air panas.

Untuk noda yang lebih membandel, tambahkan juga sedikit soda kue.

Halaman:
Sumber Cookist
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com