Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menempati Rumah Baru, Apa Saja?

Kompas.com - 12/05/2023, 19:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki rumah baru menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan momen menyenangkan. 

Namun, sebelum buru-buru menempati rumah baru,  ada beberapa hal penting atau pengecekan yang harus dilakukan terlebih dahulu.  

Baca juga: Jangan Buru-buru, 6 Hal Ini Perlu Dilakukan Saat Pindah ke Rumah Baru

Sebab, hal-hal ini dapat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan Anda di rumah baru. Selain itu, tidak perlu mengeluarkan uang untuk perbaikan karena masih ditanggung  pengelola selama batas waktu tertentu. 

Georgi Ferdwindra Putra, Co-founder dan CEO Gravel—perusahaan teknologi yang bergerak di bidang konstruksi—mengatakan melakukan pengecekan merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum menempati rumah baru. 

Pengecekan ini tentu saja memberi keuntungan untuk pemilik rumah, seperti mendapati rumah dalam keadaan optimal, kepastian keamanan dan kenyamanan, serta mencegah perbaikan yang tidak perlu.  

Baca juga: Pakai Perabot Lama Vs Beli Baru, Mana yang Terbaik untuk Rumah Baru?

Ilustrasi rumah.Shutterstock/Jaruwan Jaiyangyuen Ilustrasi rumah.
Georgi mengatakan pengecekan pertama yang harus dilakukan sebelum memasuki rumah adalah kedataran permukaan lantai.

Pastikan semua permukaan lantai rata, tidak naik atau menojol dan menurun. Misalnya, apabila lantai menonjol, artinya ada sealant dari keramik yang perlu diganti.

Setelah itu, memeriksa permukaan dinding atau tembok. Apakah ada yang keropos atau tidak. Apabila keropos dan retakan. Pastikan apakah penyebabnya karena paparan langsung sinar matahari.

Baca juga: 4 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum Menempati Rumah Baru 

"Jika iya, artinya Anda perlu melakukan pengecatan ulang atau melakukan renovasi sehingga bangunan tidak terpapar langsung sinar matahari," ucap Georgi dalam acara peluncuran layanan Gravel Maintenance di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/5/2023).

Selanjutnya, lakukan pengecekan saluran air di setiap ruangan, dari kamar mandi, dapur, lantai paling atas, sampai lantai paling bawah. Pastikan saluran pembuangan air tersebut sudah tepat dan proses perpipaan berjalan lancar. 

Fredy Yanto, Co-fouder dan CPO Gravel menjelaskan melakukan tes kebocoran sebelum menempati rumah baru.

Ia menyarankan pemilik rumah pergi ke lantai atas dan lakukan tes rendam pada setiap ruangan, seperti dak paling atas, kamar mandi, kamar tidur, dan ruangan lainnya. 

Baca juga: 5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Membeli Rumah Baru

Genangi semua ruangan tersebut dengan air sebanyak mungkin. Tunggu hingga beberapa menit untuk melihat apakah air berkurang yang menandakan adanya kebocoran.  

 

"Penggenang di kamar mandi juga memastikan saluran airnya benar atau tidak. Begitu juga apakah tegelnya sendiri punya elevasi yang benar untuk mengalirkan air," tambah Georgi. 

Sementara itu, Ricky Alexander Samosir, Senior Manager Public Relations Gravel, menambahkan pemilik rumah juga perlu melakukan pengecekan lantai. Pastikan lantai tidak ada yang kopong karena ini bisa menimbulkan kerusakan berikutnya. 

Selain itu, memeriksa aliran listrik di rumah baru. Pastikan listrik berfungsi optimal serta semua stopkontak berfungsi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com