Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Memanfaatkan Ruang di Bawah Jendela agar Menarik dan Fungsional

Kompas.com - 02/04/2023, 09:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi ruang di bawah jendela tidak selalu mudah, bahkan, dianggap sebagai sudut yang sulit.

Namun, ada beberapa tips berguna untuk memanfaatkan ruang di bawah jendela sehingga bisa menjadi menarik, fungsional, serta memberi kenyamanan. 

Baca juga: 6 Tips Mendekorasi Ruang Makan agar Nyaman

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memikirkan bagaimana cara memaksimalkannya. Jika Anda kekurangan ruang untuk mengerjakan hobi atau menikmati kegiatan tertentu, ruang di bawah jendela bisa sangat dibutuhkan.

Untuk membantu Anda, dilansir dari Decor Tips, Minggu (4/2/2023), berikut ide memanfaatkan ruang di bawah jendela

Pasang radiator bergaya 

Ilustrasi ruang keluarga.Unsplash/spacejoy Ilustrasi ruang keluarga.
Jika perlu memasang radiator di rumah, sebaiknya memasangnya di ruang di bawah jendela. Namun, agar terlihat cantik sekaligus fungsional, letakkan meja di bagian atas sehingga Anda bisa menempatkan beberapa ornamen di sana, seperti memajang beberapa tanaman, foto, atau vas bunga, tergantung kebutuhan dan selera Anda.

Selain itu, memasang meja memudahkan untuk menyembunyikan pipa yang dibutuhkan radiator untuk berfungsi. 

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Rumah Kecil agar Tampak Fungsional

Ciptakan tempat istirahat

Selanjutnya, ide memanfaatkan ruang di bawah jendela adalah menjadikannya tempat istirahat. Anda dapat memasang struktur khusus, dilengkapi dengan tikar atau bantal untuk mengubahnya menjadi bangku yang nyaman.

Tepat di bawah struktur ini, Anda bisa memasang beberapa laci untuk menyimpan buku, selimut, atau barang lain yang ingin disimpan.

Lengkapi dengan selimut dan bantal berbagai ukuran sertas isakan ruang di sudutnya untuk meletakkan beberapa tanaman hias dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Kecil dengan Tanaman

Gunakan meja nakas 

Menggunakan meja nakas merupakan ide ini bagus untuk ruang di bawah jendela kamar tidur. Meja nakas bisa berada di tengah-tengah dua tempat tidur atau di samping tempat tidur besar, tergantung lokasinya.

Namun, apabila Anda suka memindahkan furnitur kamar tidur secara teratur, ini mungkin bukan ide terbaik karena akan merepotkan. 

Baca juga: 5 Kesalahan Mendekorasi Rumah Kecil yang Harus Dihindari

Pasang rak buku

Ilustrasi sudut ruang keluarga, ilustrasi rak buku di ruang keluarga.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi sudut ruang keluarga, ilustrasi rak buku di ruang keluarga.
Memasang rak buku dapat menjadi ide memanfaatkan ruang di bawah jendela. Anda juga memiliki pilihan untuk menjadikannya perabot terbuka atau tertutup, tergantung pada bagaimana ingin menampilkan judul-judul buku Andaa. 

Rancanglah perabot ini sesuai dengan ruang yang Anda inginkan, termasuk memiliki area untuk foto atau tanaman. Selain itu, di bagian atas rak, Anda bisa memamerkan koleksi lain yang ingin dipajang. 

Baca juga: 8 Ide Mendekorasi Sudut Ruangan yang Kosong

Rancang ruang belajar atau area kerja 

Ruang di bawah jendela bisa dimanfaatkan sebagai ruang kerja atau belajar. Letakkan meja dan kursi yang nyaman untuk ruang kerja. 

Ini juga bisa menjadi bonus karena Anda dapat menikmati pemandangan melalui jendela dan memiliki cahaya alami yang cukup untuk melakukan aktivitas.

Selain itu, jika cuaca memungkinkan, Anda dapat membuka jendela sehingga bisa bekerja sambil menghirup udara segar.

Dekorasi area sesuai keinginan Anda seperti menggunakan bingkai foto, lukisan, dan lampu. Bisa pula menambahkan beberapa lemari arsip atau kotak penyimpanan untuk menjaga area tetap rapi. 

Nah, itu dia sejumlah ide memanfaatkan ruang di bawah jendela. Selamat mencoba ya! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com